CUKA APEL UNTUK MENGHILANGKAN JERAWAT, AMAN KAH?

Pasti Sobat Sehat sudah sering mendengar info viral mengenai cuka apel yang dianggap efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat. Namun, ternyata tidak semua kulit bisa dibersihkan dengan cuka apel lho!

Cuka apel sering sekali dianggap ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Banyak orang yang merekomendasikannya dan mengklaim bahwa cuka apel memang efektif untuk jerawat. Rajani Katta MD dari Baylor College of Medicine, membenarkan bahwa cuka apel dapat bermanfaat untuk wajah berjerawat karena mengandung kombinasi asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat yang bisa membunuh bakteri propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat.

Meskipun demikian, dr Listya Paramita, spKK menyatakan bahwa cuka apel ternyata tidak disarankan untuk dioleskan langsung pada kulit. Mengoleskan cuka apel pada kulit mungkin bisa bermanfaat, namun bisa juga berakibat lebih serius atau memperparah kondisi jerawat karena kadar pH cuka apel cukup tinggi.

Mengoleskan cairan yang memiliki pH tinggi pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan, terutama pada kulit sensitif. Bahkan, pada kasus tertentu cuka apel dapat menyebabkan terjadinya luka bakar kimia pada kulit wajah. 

Oleh karena itu, sebelum mengoleskan cuka apel, ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dulu dengan mengusapkannya tipis-tipis di belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu selama 1-2 jam. Bila tidak ada reaksi apapun, maka Sobat Sehat bisa mengoleskannya ke wajah. Namun, ada baiknya cuka apelnya dilarutkan terlebih dulu dengan sedikit air.

Sobat Sehat, jika masih ragu, silakan untuk konsultasikan terlebih dulu ke dokter spesialis kulit sebelum menggunakan cuka apel untuk merawat wajah.


Source: Dikutip dari berbagai sumber