VIRAL KESERINGAN BEGADANG BERUJUNG STOKE-KOMA, KOK BISA?

Beberapa waktu lalu viral kisah wanita berusia 21 tahun yang terkena stroke dan berujung koma karena terlalu sering begadang. Pemilik akun @Olsza Lauuu  ini bercerita memiliki kebiasaan tidur pagi setelah subuh.

Kebiasaan buruk tersebut telah dijalani lebih dari satu tahun dan diperparah dengan pandemi. Akibatnya kondisi tubuhnya terus melemah dan membuatnya semakin kesulitan berjalan dan beraktivitas. 

Begadang dan kurang tidur secara ilmiah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian dari Warwick Medical School yang diterbitkan dalam European Heart Journal pada 2011 lalu, kurang tidur yang berkepanjangan dan pola tidur yang terganggu dapat memiliki implikasi kesehatan jangka panjang yang serius.

Dilansir dari Detik Health, menurut pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja mengatakan ada berbagai efek bahaya dari sering begadang. Yaitu:

Performa Otak Menurun

Begadang dapat menyebabkan konsentrasi seseorang menurun. Begitu tidur terganggu maka kesehatan dan performa otak juga terganggu.

Kecelakaan Kerja

Sering begadang dapat menyebabkan kantuk saat melakukan aktivitas pekerjaan. Kondisi ini dapat berbahaya karena berisiko menyebabkan kecelakaan kerja.

Daya Tahan Tubuh Menurun

Tidur sangat penting untuk memulihkan badan. Jika sering begadang tubuh akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke, karena aliran pembuluh darah jadi terganggu.

Obesitas

Sering begadang bisa membuat risiko obesitas meningkat. Kurang tidur dapat menyebabkan kolesterol meningkat dan gula darah naik.


Source: Dikutip dari berbagai sumber