AWAS, KESALAHAN PENGGUNAAN OBAT INI BISA BERAKIBAT SERIUS LHO!

Seringkali obat yang kita konsumsi tidak dapat bekerja secara optimal karena adanya kesalahan dalam penggunaan obat. Biar nggak berakibat fatal, cari tahu yuk apa aja kesalahan yang sering dilakukan saat mengkonsumsi obat!

Tidak Membaca & Membuang Brosur Kemasan Obat

Tak sedikit orang yang mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk, sebagian besar karena mereka seringkali mengabaikan lebar informasi ini. Jika brosur informasi obat hilang saat mengambil obat, sebaiknya tanyakan informasi dan petunjuk penting mengenai obat tersebut ke apoteker.

Mengukur Dosis Secara Sembarangan

Pengukuran dosis obat cair menggunakan sendok makan atau sendok teh tidak akurat, bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sehingga bisa menyebabkan masalah. Karenanya, selalu gunakan sendok takar yang diberikan bersama obat cair ya Sobat Sehat! 

Melewatkan Waktu Penggunaan Obat

Beberapa orang sengaja melewatkan penggunaan obat untuk menghemat biaya. Namun ada pula yang melewatkan karena lupa. 

Sebaiknya, konsultasikan pada Apoteker untuk mengganti dengan obat generik atau obat lainnya dengan harga yang lebih terjangkau. Jika Anda melewatkan obat karena lupa, sebaiknya set alarm untuk mengingatkan jadwal minum obat. 

Membuka Kapsul Obat & Mencampur dengan Makanan atau Minuman

Pembungkus obat dibuat dari bahan yang tidak sembarangan dan memiliki fungsi. Jika kapsul dibuka, risiko efek obat mungkin bisa terjadi. Tak hanya itu, beberapa obat pun bisa berinteraksi dengan makanan atau minuman tertentu. Karenanya, pastikan cara penggunaan obat Anda sudah tepat agar penyerapan obat dapat lebih maksimal ya Sobat Sehat!

Mengkonsumsi Obat yang Tidak Berefek Pada Kondisi Anda

Salah satu kesalahan penggunaan obat adalah mengkonsumsi antibiotik untuk penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti salesma dan flu. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri dan bisa meningkatkan kecenderungan antibiotik menjadi tidak bekerja saat Anda benar-benar membutuhkannya.

Sobat Sehat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Apoteker Apotek K-24 yaa untuk menghindari kesalahan penggunaan obat. Belanja obat di Apotek K-24 gratis konsultasi dengan Apoteker!

 

Source: dikutip dari berbagai sumber