BENARKAH BADAI SITOKIN BISA MENYERANG MESKIPUN SUDAH LAMA SEMBUH DARI COVID-19?

Badai sitokin merupakan kondisi terjadinya peningkatan sitokin dalam tubuh yang bisa memicu respon imun menjadi lebih agresif dan berpotensi merusak organ tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan berlebihan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Namun apakah benar, badai sitokin bisa menyerang pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh?

Menurut spesialis penyakit dalam, dr Ceva Wicaksono Pitoyo, SpPD-KP dalam YouTube PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), badai sitokin tak akan terjadi jika seseorang sudah sembuh dari Covid-19 cukup lama, misalnya seperti lebih dari satu bulan. Menurutnya, risiko terjadinya badai sitokin bergantung pada respon imun atau sifat reaktif kekebalan masing-masing tubuh.

Badai sitokin umumnya tidak terjadi pada awal seseorang terinfeksi virus corona. Namun pada gejala berkepanjangan, respons kekebalan tubuh bisa terangsang secara berkepanjangan sehingga badai sitokin dapat terjadi lebih dari 10 hari. 

Badai sitokin pada covid-19 merupakan sebuah reaksi sistem imun yang berlebihan dan tidak terkontrol pada virus. Reaksi ini tak hanya membunuh virus namun juga dapat menyebabkan peradangan yang berlebihan pada tubuh sehingga terjadi kerusakan dari organ.

Badai sitokin berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan berat dan terjadinya gagal multi organ. Umumnya, komplikasi ini terjadi pada hari ke 6 sampai 10 dari paparan virus corona dan beberapa waktu setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Tentunya, untuk mengetahui terjadinya badai sitokin ini diperlukan pemeriksaan darah lengkap.

Pasien yang berpotensi mengalami badai sitokin umumnya adalah pasien yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, juga obesitas. Pada pasien komorbid, kondisi ini terjadi akibat adanya proses peradangan kronik dengan daya tahan tubuh yang rendah sehingga rentan mengalami disfungsi organ akibat respon imun.

Untuk mengantisipasi terjadinya badai sitokin, sebaiknya Anda tetap waspada saat sedang terpapar Covid-19 atau saat sudah sembuh dari Covid-19. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Anda tidak merasa kunjung membaik, terdapat gejala yang menetap, atau bahkan mengalami perburukan kondisi.

Berbagai produk terapi Covid-19 bisa didapatkan di gerai Apotek K-24 atau pesan secara online melalui aplikasi K24Klik. 

Source: dikutip dari berbagai sumber