ADAKAH REKOMENDASI HAND SANITIZER YANG TEPAT ?

Ketika Sobat Sehat mendengar rekomendasi dari teman atau kerabat mengenai hand sanitizer terbaik saat ini, adakah merk yang terlintas di benak Sobat Sehat? Terkadang fasilitas sabun bersih atau air bersih sulit ditemukan, dan hand sanitizer adalah solusinya. Nah, Sobat Sehat harus pintar dalam memilih produk yang tepat karena wujud virus Covid-19  yang tidak terlihat, tetapi sering terjadi kontak antara tangan dengan sumber penyakit baik itu berupa permukaan benda yakni kaca, furnitur dan logam. Oleh karena itu, hand sanitizer yang tepat dapat melindungi Sobat Sehat dari perkembangan kuman, bakteri dan virus dimanapun serta kapanpun.

Lalu, Seperti Apa Hand Sanitizer yang Tepat ?

Sebenarnya Sobat Sehat dapat memeriksa sendiri apakah hand sanitizer tersebut bagus atau tidak. Caranya adalah dengan menuangkan beberapa cairan hand sanitizer ke piring kemudian dikeringkan menggunakan hair dryer, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa hand sanitizer yang baik bisa mengering kurang dari lima detik. Lalu, Sobat Sehat dapat melihat kode edar produk karena sebelum diedarkan, hand sanitizer terbaik tentunya sudah memenuhi standarisasi atau persyaratan keamanan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Sudah melalui hasil uji lab sehingga tercipta label yang mengidentifikasi komposisi kimia dan biasanya berada di stiker kemasan.


Bagaimana Dengan Rekomendasi Bahannya ?

Dikutip dari "Medical Daily" para dokter sepakat bahwa hand sanitizer yang digunakan harus mengandung alkohol. WHO juga merekomendasikan kadar alkohol dalam sanitizer minimum 60% supaya efektif dalam membunuh kuman dan virus, jika kadarnya terlalu tinggi maka akan memperlambat proses regenerasi kulit dan bahkan berpotensi merusak sel kulit serta iritasi. Adapula rekomendasi untuk hand sanitizer dengan kadar alkohol 70% karena kadar tersebut termasuk yang paling efektif. Lalu bagaimana dengan Sobat Sehat yang kulitnya sensitif dengan alkohol? Bahkan, jenis kulit tertentu bisa menjadi kering saat menggunakan hand sanitizer. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Sobat Sehat bisa mencari  hand sanitizer terbaik yang mengandung moisturizer atau pelembab.


Artikel ditulis oleh: Yeremia Amron Sugito