INSOMNIA? MUNGKIN KAMU TERLALU BANYAK BERMAIN GADGET SEBELUM TIDUR!

Sering merasa susah tidur di malam hari? Mungkin saja Sobat Sehat terlalu banyak bermain gadget. Hal ini disebabkan oleh pancaran blue light yang dihasilkan oleh gadget sehingga produksi hormon melatonin dalam tubuh menurun dan mengurangi rasa kantuk pada malam hari. 

Insomnia atau gangguan tidur bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan, salah satunya adalah sering bermain gadget menjelang waktu tidur di malam hari. Insomnia tak hanya disebabkan oleh kondisi stress atau adanya gangguan kesehatan tidur. Lingkungan dan gaya hidup yang kurang sehat rupanya bisa memicu kondisi ini.

Padahal, insomnia yang tidak diatasi dengan baik bisa memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya lho, baik secara fisik maupun mental. Karenanya, kurangi main gadget sebelum tidur agar kebutuhan tidurmu bisa terpenuhi setiap harinya ya!

Jam biologis seseorang akan berlangsung selama 24 jam. Saat matahari terbit, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang bisa membuat Sobat Sehat terjaga selama siang hingga sore hari. Saat menjelang malam hari, tubuh pun akan memproduksi hormon melatonin yang bisa menyebabkan tubuh lebih rileks hingga akhirnya mengantuk. 

Gadget atau perangkat elektronik dengan lampu layar seperti ponsel, televisi, dan komputer memancarkan cahaya yang diperkaya dengan panjang gelombang pendek yang dikenal sebagai blue light. Pancaran blue light ini diketahui bisa menurunkan produksi hormon melatonin alami di malam hari sehingga mengurangi rasa kantuk yang muncul.

Menurut penelitian dalam jurnal Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, anak-anak yang menggunakan gadget sebelum tidur mengalami gangguan tidur pada malam hari dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kondisi ini membuat anak-anak merasa kelelahan pada keesokan harinya.

 

Source: dikutip dari berbagai sumber