ORANG DENGAN OBESITAS LEBIH BERISIKO TERKENA COVID-19, BENARKAH?

Sejumlah penelitian menunjukkan jika orang dengan obesitas lebih rentan terinfeksi Covid-19. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity Reviews pada Agustus lalu. Penelitian tersebut menunjukkan jika orang obesitas 113% lebih mungkin tertular Covid-19 daripada mereka dengan berat badan normal. Tak hanya itu, pasien Covid-19 yang juga obesitas 74% lebih mungkin untuk menjalani perawatan intensif di ICU dengan persentase kematian yang mencapai 48%.

Mengutip dari American Association for the Advancement of Science, alasan mengapa orang dengan obesitas lebih rentan terinfeksi Covid-19 disebabkan oleh beberapa faktor berikut. Pertama, keberadaan lemak di perut bisa mendorong dan menyebabkan otot diafragma mengenai paru-paru hingga membatasi aliran udara. Hal ini bisa menyebabkan saluran udara di lobus bawah paru-paru kolaps.

Kedua, kondisi tersebut bisa diperparah dengan masalah lain. Misalnya seperti penggumpalan darah yang umum terjadi pada orang dengan obesitas. Kondisi ini pun dapat menimbulkan risiko yang serius.

Ketiga, orang dengan obesitas memiliki kekebalan tubuh yang mudah melemah. Sebagian di antaranya disebabkan oleh sel lemak yang menyusup pada organ tempat sel kekebalan diproduksi dan disimpan. Penderita obesitas pun juga bisa menderita peradangan kronis. Hal ini terjadi akibat sel lemak mengeluarkan beberapa zat kimia pemicu peradangan yang disebut hormon sitokin yang menimbulkan aktivitas hormon ini semakin tak terkendali. 

Tak hanya itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun turut menduga jika obesitas bisa mengganggu efektivitas vaksin Covid-19. Hal ini bisa terjadi karena orang dengan kondisi berat badan di atas normal memiliki peradangan kronis di dalam tubuhnya. Peradangan ini disebabkan oleh jaringan adiposa atau lemak di perut, termasuk pada organ hati dan organ lainnya.

Saat vaksin dimasukkan, peradangan tersebut akan mengganggu respon kekebalan terhadap banyak jenis vaksin. Berbeda dengan orang yang dengan berat badan normal, penurunan perlindungan dari vaksin tak akan terjadi secepat itu. Karenanya, tak heran jika obesitas dianggap sebagai masalah global yang serius. Orang dengan obesitas pun disarankan untuk lebih berhati-hati demi menjaga diri agar selalu aman dari infeksi. Jika Anda merupakan orang dengan obesitas, yuk rutin berolahraga untuk menghindari keparahan Covid-19 mulai dari sekarang!



Source:

Diolah dari berbagai sumber