JARANG DISADARI, INI TANDA SISTEM IMUN TUBUH MELEMAH

Sistem imun yang baik sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang agar tidak mudah terserang penyakit. Terutama di masa pandemi ini. Sistem kekebalan tubuh manusia bekerja sepanjang waktu untuk membuat tubuh tetap sehat. Karenanya, menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan, misalnya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga dengan teratur, serta istirahat dengan cukup.

Sel darah putih, antibodi, dan komponen lainnya termasuk organ dan kelenjar getah bening bekerja sama membentuk sistem kekebalan tubuh. 

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah rentan terserang penyakit. Menurut Medical News Today, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah sangat rentan terhadap infeksi. Beberapa gejala infeksi yang sering dialami oleh orang dengan sistem imun yang lemah meliputi radang paru-paru, meningitis, bronkitis, juga infeksi kulit.

Bahkan menurut Times of India, terdapat penelitian yang mengatakan jika orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih rentan terinfeksi virus corona baru. Hal ini disebabkan karena sistem imun tak dapat menyerang patogen atau mikroba asing yang masuk dalam tubuh.

Sayangnya, sebagian besar orang jarang menyadari jika daya tahan tubuhnya sedang melemah. Berikut ini merupakan beberapa gejala yang menunjukkan jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang melemah. Simak selengkapnya!

Terjadi Masalah Pencernaan

Beberapa penelitian mengatakan jika sistem kekebalan tubuh berhubungan dengan masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena sekitar 70% jaringan sistem kekebalan tubuh terletak pada saluran pencernaan.

Karenanya, berbagai gejala masalah pencernaan bisa menjadi tanda jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang tidak baik-baik saja. Gejala yang muncul misalnya seperti kembung, sembelit, atau bahkan diare.

Sering Merasa Sangat Lelah

Jika Anda merasa sangat lelah padahal sudah tidur lebih lama, bisa jadi sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Sebab, sistem kekebalan tubuh yang lemah membutuhkan lebih banyak energi untuk bisa melawan infeksi. Karenanya, Anda akan merasa lelah seolah memerlukan istirahat secara terus-menerus.

Sariawan dan Infeksi Jamur

Gejala lain yang bisa menunjukkan jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang melemah adalah adanya sariawan yang menetap di mulut juga adanya infeksi jamur pada kulit.

Mudah Sakit dan Butuh Waktu Lama Untuk Sembuh

Saat daya tahan tubuh sedang menurun, seseorang akan mudah sakit. Sering sakit merupakan tanda paling jelas jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang lemah. Sebab daya tahan tubuh yang lemah tidak memungkinkan untuk melawan bakteri, virus, dan jamu yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga Anda menjadi rentan terkena infeksi. Selain itu, saat tubuh mengalami luka pun akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh jika kekebalan tubuh sedang melemah.


Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting untuk dilakukan, apalagi di masa pandemi ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar imun tubuh tidak drop. Misalnya seperti menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup dan mengelola stress dengan baik. Stay safe & healthy ya Sobat Sehat!



Source:

Dilansir dari berbagai sumber