SEMBARANGAN KONSUMSI OBAT KUAT BISA SEBABKAN GANGGUAN PENGLIHATAN, WASPADA!

Setiap obat bisa memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan sembarangan, termasuk obat kuat. Efeknya pun bisa berbeda-beda pada setiap pria. Misalnya seperti sakit perut, sakit kepala ringan, hingga mengganggu penglihatan.

Menurut jurnal Frontiers in Neurology, gangguan mata akibat obat kuat bisa beragam bentuknya. Setiap pria pun bisa mengalami gangguan dalam durasi dan tingkat keparahan yang berbeda.

Gangguan yang dialami antara lain kaburnya penglihatan, sensitivitas terhadap cahaya, hingga berkurangnya jarak penglihatan. Tak hanya itu, hal ini pun juga bisa menyebabkan munculnya kebiruan yang tajam saat melihat.  Kondisi ini dikenal sebagai cyanopsia. Meski begitu, ada juga yang melihat warna merah dan hijau sebagai kecoklatan, mirip dengan buta warna sebagian. 

Kandungan sildenafil yang terdapat pada obat kuat memang memicu efek samping yang bisa mengganggu penglihatan. Namun biasanya efek samping ini akan hilang setelah 3- 5 jam. Efek samping obat kuat bisa dibilang ringan dan dapat menghilang dengan cepat. Namun, konsumsi obat dengan sembarangan mungkin bisa meningkatkan risiko gangguan penglihatan yang lebih parah.

Sildenafil merupakan kandungan obat yang mengatasi disfungsi ereksi dengan cara menghambat enzim yang disebut phosphodiesterase 5 (PDE5). Pembuluh darah pun akan melebar dan meningkatkan aliran darah menuju penis sehingga akan terjadi ereksi yang lebih lama.

Namun, disisi lain, sildenafil juga bisa menghambat fungsi enzim phosphodiesterase 6 (PD6) yang terdapat pada retina, yakni jaringan di belakang mata yang berfungsi menerima cahaya. Terhambatnya enzim ini pun diduga dapat memicu penumpukan molekul yang bersifat racun bagi sel-sel retina. 

Meski begitu, para ahli belum menemukan mengapa kondisi ini tidak selalu terjadi pada setiap pengguna obat kuat. Namun, mereka menganggap jika mungkin ada beberapa orang yang tidak bisa menguraikan sildenafil dengan baik sehingga menumpuk dalam darah dengan dosis yang besar. Meski begitu, belum diketahui secara pasti siapa saja yang rentan mengalami efek samping ini. Karenanya, pria yang ingin meminum obat kuat dianjurkan untuk memulainya dengan dosis kecil agar terhindar dari risiko efek samping yang mengganggu penglihatan.

Selain itu, sebaiknya jangan sembarangan mengkonsumsi obat kuat. Sebaiknya konsumsi sesuai dengan anjuran pemakaian. Bila perlu, dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara pemakaian obat yang tepat sesuai dengan keluhan yang dialami.


Source:

Dilansir dari berbagai sumber