MAKAN DI RESTORAN BIKIN IMUN NAIK KARENA HAPPY, KAMU YAKIN?

Makan di restoran mungkin akan membuat kita merasa bahagia. Perasaan bahagia ini pun dianggap bisa membuat imunitas tubuh meningkat. Faktanya, risiko penularan Covid-19 lebih besar dan tidak sebanding dengan rasa bahagia yang dirasakan.

Belakangan ini di media sosial sedang ramai adanya seseorang yang mengklaim jika makan di restoran selama pandemi ini akan membuat daya tahan tubuh meningkat karena kita merasa senang. Imunitas tubuh memang bisa meningkat saat seseorang merasa senang, tidak stress, dan memiliki pikiran yang positif.

Meski begitu, makan di restoran bukanlah alasan tepat yang dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda mungkin akan merasa bahagia karena sejenak bisa menikmati suasana di luar rumah. Namun perasaan senang sejenak ini tidak sebanding dengan risiko yang Anda hadapi saat makan di restoran. Faktanya, risiko penularan Covid-19 di tempat makan sangatlah tinggi.

Restoran atau tempat makan merupakan ruang publik yang menjadi tempat nyaman bagi Covid-19 untuk menyebar. Bahkan klaster tempat makan pun kini bermunculan. Misalnya seperti yang pernah terjadi di Soto Lamongan di Yogyakarta, Rumah Makan Bu Fat di Semarang, Rumah Makan Rawon di Probolinggo, dan masih banyak lagi.

Umumnya penularan melalui tempat makan terjadi akibat adanya seseorang yang tanpa sadar terinfeksi Covid-19, bisa jadi belum menunjukkan gejala atau malah asimptomatik, kemudian orang tersebut menularkannya ke orang lain. Misalnya seperti pengunjung atau staf rumah makan sehingga bisa menimbulkan klaster baru Covid-19.

Klaster tempat makan ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan setidaknya tiga klaster baru, yakni klaster keluarga pengunjung, klaster keluarga staf atau karyawan tempat makan, dan klaster di tempat makan itu sendiri. 

Lalu, bagaimana sebaiknya kita bersikap?

Jika tidak ada kepentingan mendesak untuk keluar, sebaiknya tetap berada di rumah. Memasak makanan sendiri tentunya lebih baik karena Anda bisa menjamin kebersihan makanan yang Anda masak. Meski begitu, pastikan agar makanan yang Anda masak telah matang dengan sempurna.

Anda bisa melakukan order makanan secara online jika ingin membeli makanan dari luar. Namun jika memang terpaksa makan di luar, sebaiknya pilih tempat makan yang sepi dan tidak banyak pengunjung. Pastikan restoran tersebut menerapkan protokol kesehatan dan pilih tempat makan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika ada pilihan take away, sebaiknya bungkus makanan Anda untuk dimakan di rumah. 

Makan di luar mungkin memang menyenangkan karena bisa mendapatkan suasana dan pengalaman makan yang lain. Tapi jika dilihat dari risikonya, apakah Sobat Sehat yakin berani jajan di luar secara sembarangan dengan mengabaikan protokol kesehatan?

Source:

Dilansir dari berbagai sumber