PERUT SERING KEMBUNG? COBA HINDARI MAKANAN INI YA!

Perut yang kembung seringkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Penyebabnya pun bisa beragam, termasuk makanan yang kita konsumsi. Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika makanan bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini terjadi saat pencernaan dipenuhi oleh udara ataupun gas. 

Perut yang kembung ditandai dengan perut yang terasa penuh, kencang, bahkan terkadang terlihat membesar. Karena perut terasa tidak nyaman, tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas. 

Karenanya, penting untuk mengetahui makanan penyebab perut kembung agar bisa dikurangi atau bahkan dihindari. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang menyebabkan perut kembung, yuk simak selengkapnya!

Sayur dan Buah-buahan Tertentu

Meskipun sayur dan buah-buahan merupakan makanan yang sehat dan bernutrisi bagi tubuh, namun jenis makanan ini juga bisa menyebabkan perut terasa kembung. Beberapa orang mungkin kesulitan untuk mencerna sayur dan buah, sehingga menyebabkan perut kembung.

Beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan raffinose dapat menyebabkan perut kembung. Raffinose adalah gula yang sulit dicerna lambung dan baru bisa dicerna saat mencapai usus besar. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah sayuran jenis kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, wortel, kale, dan asparagus. Meski begitu, Sobat Sehat tetap bisa mengkonsumsi sayuran ini dengan mengunyahnya secara perlahan hingga benar-benar halus.

Sementara itu, ada juga buah-buahan yang menyebabkan perut kembung. Misalnya seperti apel, nanas, pir, anggur, dan mangga. Jenis buah-buahan ini memiliki kandungan fruktosa dan sorbitol yang lambat diserap di saluran pencernaan sehingga menimbulkan gas di dalam perut dan membuat perut menjadi kembung.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan jenis makanan yang paling sulit dicerna, sehingga meninggalkan lambung lebih lama. Karenanya, makanan berlemak dapat menyebabkan perut kembung.

Kacang-kacangan

Makanan jenis ini bisa memicu munculnya gas perut. Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang mengandung rafinosa, yaitu gula kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh.

Saat memakan kacang-kacangan, rafinosa akan melewati usus kecil menuju usus besar, kemudian bakteri di dalam saluran pencernaan akan memecahnya sehingga menghasilkan hidrogen, karbon dioksida dan gas metana yang keluar melalui rektum.

Produk Olahan Susu

Salah satu makanan yang menyebabkan perut kembung adalah produk olahan susu. Hal ini terjadi pada orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa sehingga tubuhnya kekurangan enzim laktosa yang bisa memecah gula di dalam tubuh. Sehingga laktosa akan menumpuk dan meningkatkan produksi gas di dalam saluran pencernaan. Beberapa produk olahan susu misalnya seperti keju, susu, mentega, dan yogurt. Meski begitu, Anda bisa menggantinya dengan produk yang bebas atau rendah laktosa jika ingin tetap mengkonsumsinya.

Gula dan Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung gula dan pemanis buatan juga bisa menyebabkan perut kembung lho. Pemanis buatan sulit untuk diolah dan diserap sempurna di saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut terasa kembung.



Jika perut kembung terjadi akibat pola makan yang dimiliki, Anda bisa menghilangkannya dengan mengubah gaya hidup. Buat catatan mengenai apa saja yang Anda konsumsi setiap hari agar jika perut terasa kembung Anda bisa membuka catatan dan melihat makanan apa yang sebelumnya dikonsumsi. Dengan melakukan pencatatan ini, Anda bisa mengetahui makanan apa yang membuat perut kembung dan Anda pun bisa menghindarinya.



Source:

Dilansir dari beberapa sumber