TIDUR PAKAI BRA BERISIKO TERKENA KANKER PAYUDARA, BENARKAH?

Ada berbagai pendapat mengenai pemakaian bra saat tidur. Ada pendapat jika tidur dengan bra bisa mencegah payudara kendur, tapi ada juga yang mengatakan jika tidur dengan bra bisa memblokir kerja kelenjar getah bening bahkan menyebabkan kanker payudara. Benarkah?

Dilansir dari Hello Sehat, Dr. Amber Guth, direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center mengatakan tidak ada kepastian medis mengenai manfaat juga risiko kesehatan dari tidur memakai bra.

Tidur dengan bra mungkin bisa memberikan kenyamanan tersendiri, terutama bagi wanita dengan payudara besar juga ibu hamil. Meski begitu, tidur dengan bra sebenarnya bukanlah jaminan agar payudara tetap bisa kencang.

Namun adanya anggapan mengenai pemakaian bra selama lebih dari 8 jam dalam satu hari akan melemahkan jaringan payudara dan membuat payudara mengendur juga tidak benar. Perubahan bentuk payudara dipengaruhi oleh sejumlah faktor, misalnya seperti kehamilan, menyusui, penurunan berat badan hingga berkurangnya produksi kolagen dalam tubuh.

Lalu, apakah benar tidur dengan bra bisa berisiko terkena kanker payudara?

Menurut dokter bedah payudara dari NYU Langone Medical Center, Deborah Axelrod, M.D., memakai bra saat tidur faktanya tidak akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara. 

Rumor ini muncul sekitar tahun 90-an saat seorang penulis buku mengklaim jika memakai bra ketat setiap hari terutama bra berkawat bisa menimbulkan risiko terkena kanker payudara. Pemakaian bra ini dinilai bisa membatasi kerja sistem limfatik sehingga memerangkap racun di dalam jaringan payudara dan menyebabkan kanker. Akan tetapi hingga saat ini belum ada penelitian atau bukti medis yang membenarkan klaim tersebut. Para ahli masih berusaha menyelidiki adanya kemungkinan yang berkaitan dengan payudara dan faktor yang penyebab kanker payudara. Meskipun adanya faktor eksternal seperti penggunaan bra bisa menyebabkan kanker sangat diragukan.

Jika Anda ingin tetap memakai bra saat tidur, sebaiknya pilih bra yang longgar, tidak terlalu ketat, dan tidak membatasi sirkulasi darah. Selain itu, hindari model bra yang keras dan kaku. Hindari pula bra dengan kawat karena bisa menekan dada saat berbaring dan menggesek kulit sehingga menyebabkan iritasi. Pilih bra dengan bahan yang halus dan lembut namun tidak terlalu melar dan longgar.

Sejauh ini tidak masalah apakah Anda akan tidur menggunakan bra atau tidak, hal ini merupakan pilihan personal yang mempertimbangkan kenyamanan saat Anda tidur.


Source:

Hellosehat.com