JENIS MAKANAN INI BANTU JAGA KESEHATAN VAGINA, WANITA WAJIB TAHU!

Vagina merupakan organ yang sangat sensitif dan merupakan aset berharga bagi wanita. Karenanya, kesehatan dan kebersihan vagina sangat penting untuk dijaga. 

Untuk merawat vagina pun bisa dibilang cukup mudah. Hal ini bisa Sobat Sehat lakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan bakteri atau senyawa yang baik untuk kesehatan vagina.

Dilansir dari Detikhealth, berikut ini merupakan makanan dan minuman yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan organ intim. Yuk simak lebih lanjut!

Yogurt

Makanan ini mengandung bakteri lactobacillus yang bermanfaat untuk menjaga tingkat keasaman atau pH vagina agar tetap seimbang. Menurut penelitian yang ada dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, wanita yang rutin mengkonsumsi yogurt bisa menghilangkan bau tidak sedap pada vagina.

Sayuran Fermentasi

Seperti halnya yogurt, sayuran yang telah difermentasi pun juga memiliki kandungan bakteri lactobacillus. Sayuran fermentasi seperti kimchi dan asinan sayur bisa kalian konsumsi untuk menjaga kesehatan organ genital Anda. Meski begitu sebaiknya Anda tidak memilih makanan yang telah melalui proses pemanasan, karena hal ini bisa membunuh kandungan bakteri yang baik untuk vagina Anda.

Jus Cranberry

Meskipun buah ini jarang diketahui oleh banyak orang, namun jus buah ini memiliki manfaat yang baik untuk organ genital wanita. Jus cranberry bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit infeksi saluran kemih. Meski begitu, sebaiknya Anda memperhatikan kandungan gula berlebih pada jus buah ini karena dinilai bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan air yang banyak untuk mengurangi konsentrasi gula pada jus tersebut.

Teh Hijau

Kandungan senyawa katekin pada teh hijau dinilai bisa membantu melawan infeksi saluran kemih. Karenanya, untuk menjaga kesehatan vagina Anda bisa rutin mengkonsumsi teh hijau.

Kesehatan vagina sangat penting untuk dijaga. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya Sobat Sehat! 


Source:

Detik Health