AGAR EFEKTIF MELINDUNGI DARI VIRUS, YUK GUNAKAN FACE SHIELD DENGAN BENAR!

Face shield merupakan alat pelindung tambahan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk menangkal virus corona. Meski begitu, penggunaan face shield ini tidak bisa sembarangan dan harus dipastikan terpasang dengan benar agar tidak terkontaminasi virus dan menjadi sarang kuman.

Meskipun Anda menggunakan face shield, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker ya Sobat Sehat! Berikut ini merupakan cara memakai face shield dengan benar yang bisa Anda perhatikan agar bisa efektif digunakan untuk melindungi diri.

Wajib Gunakan Masker

Masker tetap wajib digunakan meskipun Anda telah menggunakan face shield. Sebab memakai face shield tanpa menggunakan masker justru bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona karena mulut dan hidung tidak sepenuhnya tertutup. 

Menurut penelitian, menggunakan masker efektif untuk mencegah penularan Covid-19, apalagi jika ditambah dengan face shield yang akan semakin meningkatkan efektivitas pencegahan dari virus corona.

Jangan Sentuh Bagian Depan Face Shield

Hindari untuk menyentuh area depan saat Anda sedang menggunakan face shield, karena bagian depan ini merupakan bagian yang terekspos atau berkontak langsung dengan udara luar yang rawan dihinggapi oleh kuman dan bakteri. Karenanya, jangan menyentuh bagian depan face shield untuk mencegah kuman menyebar ke tempat lain.

Buka dengan Cara yang Benar

Membuka face shield tidak bisa asal-asalan lho Sobat Sehat. Jangan menyentuh bagian depan saat membukanya. Lepas face shield melalui bagian gagang agar tangan tidak terkontaminasi virus yang mungkin menempel di bagian depan face shield.

Sebaiknya jangan terlalu sering melepas dan memakai face shield ya Sobat Sehat. 

Semakin sering Anda membuka dan memakainya kembali maka risiko penularan virus akan semakin meningkat.

Bersihkan dengan Tepat dan Jangan Meletakkannya di Sembarang Tempat

Setelah selesai digunakan, jangan lupa bersihkan face shield. Dilansir dari CNN Indonesia, Anda bisa membersihkan face shield menggunakan detergen dengan air dan kemudian mengeringkannya.

Sebaiknya jangan sembarangan menaruh face shield-mu saat tidak digunakan. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang bersih agar tidak ada bakteri atau virus yang menempel.

Face shield merupakan alat perlindungan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri dari penularan Covid-19. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan 3M ya Sobat Sehat, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.


Source:

CNNIndonesia.com