PENYAKIT INI KERAP MENYERANG LAMBUNG, YUK KENALI LEBIH JAUH!

Munculnya rasa sakit pada lambung bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya seperti asupan dan pola makan yang salah, stress, dan kondisi lainnya. Salah satu masalah yang kerap muncul di saluran pencernaan ini adalah gastritis atau infeksi lambung. Gangguan ini terjadi karena adanya proses inflamasi yang terbatas pada lapisan mukosa dan submukosa dinding lambung. Hal ini disebabkan karena adanya paparan berbagai zat yang mengganggu kinerja kedua lapisan tersebut untuk melindungi lambung.

Selain gastritis ada beberapa penyakit lambung lainnya yang sebaiknya Sobat Sehat ketahui. Yuk simak ulasannya!

GERD

Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan gangguan pencernaan yang memiliki gejala munculnya rasa terbakar di dada. Rasa terbakar atau heartburn ini pun bisa menyebar hingga tenggorokan dan memicu munculnya rasa asam di mulut. 

Tak hanya itu, GERD pun juga bisa disertai dengan rasa sakit tenggorokan, sulit menelan, hingga mual atau muntah. Gangguan pencernaan yang mempengaruhi cicin otot antara esofagus dan lambung ini sangat berbahaya jika tidak ditangani sejak awal.

Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan luka pada lapisan lambung yang terjadi karena dinding lambung yang terkikis. Gejala dari penyakit ini biasanya terjadi saat malam hari atau ketika perut kosong. 

Umumnya tukak lambung disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori atau juga bisa disebabkan pengaruh penggunaan obat anti nyeri yang berkepanjangan. Rasa nyeri pada lambung ini juga bisa terjadi beberapa saat setelah makan dan bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan, kembung, mual hingga muntah. 

Dispepsia

Dispepsia merupakan adanya rasa tidak nyaman pada perut bagian atas. Kondisi ini bukanlah penyakit namun merupakan sekumpulan gejala seperti mual, kembung, dan bersendawa.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan dispepsia, meskipun umumnya dipicu oleh makanan, minuman, dan obat-obat. Misalnya seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, dan merokok.

Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi saat gerakan spontan otot-otot lambung tidak berfungsi secara normal. Karenanya, makanan pun menjadi lama untuk dicerna. Penyebabnya belum jelas, namun umumnya disebabkan oleh kerusakan saraf yang mengontrol otot perut. Gejala dari gastroparesis ini meliputi muntah, mual, sakit perut, cepat kenyang, hingga nafsu makan yang menurun.

Umumnya gangguan lambung terjadi karena faktor pola makan yang sembarangan. Sakit lambung ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika Anda mulai merasakan gejala gangguan lambung, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter sebelum terlambat.


Source:

Klikdokter.com