PAGI HARI ADALAH WAKTU TERBAIK UNTUK BAB, TERNYATA INI ALASANNYA

Umumnya keinginan untuk buang air besar (BAB) muncul setelah bangun tidur. Para ahli mengungkap jika pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk buang air besar.

Dilansir dari Detikhealth, seorang ahli gastroenterologi mengatakan jika pagi hari adalah waktu terbaik untuk BAB karena saat seseorang tidur tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan. Karenanya, setelah bangun tidur disarankan untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan tersebut.

Tak hanya itu, kepala gastroenterologi di Wake Forest Baptist Medical Center mengatakan hal yang serupa. Ia menganggap jika waktu terbaik untuk buang air besar adalah pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini disebabkan karena usus kecil bekerja keras untuk menghancurkan sisa makanan yang dimakan pada malam sebelumnya sehingga kotoran ini baik untuk dikeluarkan dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur.

Saat pagi hari, usus besar akan berkontraksi untuk memindahkan kotoran sehingga siap untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Meski begitu, nyatanya tidak semua orang bisa rutin buang air besar pada pagi hari. Karenanya, agar Anda bisa rutin mengeluarkan sisa makanan dari pencernaan, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Pagi hari merupakan waktu yang baik, meskipun sebenarnya tidak ada patokan khusus jika pagi hari adalah waktu yang wajib karena setiap orang bisa berbeda-beda dalam masalah pencernaan. Dengan kata lain, setiap orang bisa kapan saja buang air besar, entah siang, sore, atau malam, meskipun pagi hari adalah waktu terbaik. Yang paling penting jangan pernah memaksa untuk buang air besar ya Sobat Sehat!


Source:

Detik Health