NAFSU MAKAN JADI HILANG KARENA STRESS? LAKUKAN TIPS INI YUK!

Adanya pandemi virus corona membuat sebagian besar orang rentan terserang stress. Rupanya stress tidak menimbulkan dampak yang sama bagi setiap orang, karena setiap orang menghadapi dan mengelolanya dengan cara yang berbeda. 

Stress bisa berdampak pada berbagai hal. Salah satunya nafsu makan, namun wujudnya bisa berbeda setiap orang. Misalnya, ada orang yang jadi ingin makan terus namun ada juga orang yang jadi tidak nafsu makan gara-gara stress. Ada juga orang yang sebelumnya tidak nafsu makan namun kemudian menjadikan makan sebagai ajang untuk melampiaskan dan menghilangkan stress.

Jika kamu kehilangan nafsu makan gara-gara stress, yuk simak beberapa tips berikut untuk mengembalikan nafsu makanmu agar kesehatan fisik tidak terganggu karena tubuh kekurangan nutrisi.

Atur Pengingat & Makan Makanan yang Disukai

Mengembalikan nafsu makan merupakan hal yang sulit bagi orang yang sedang mengalami stress. Untuk mempermudahnya, kamu bisa membuat jadwal dan alarm sebagai pengingat. Selanjutnya, mulai dengan makanan yang kamu sukai dan pastikan minum air putih secara teratur ya!

Pilih Makanan yang Mudah Dicerna

Saat memilih makanan, selain mempertimbangkan makanan apa yang kamu sukai dan bisa dinikmati sebaiknya pertimbangkan pula makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Karena biasanya saat kita merasa cemas, hilangnya nafsu makan disertai dengan munculnya rasa mual. 

Yang penting, utamakan kenyamanan ya Sobat Sehat. Kalau kamu ingin menikmati makanan yang tidak biasa dikonsumsi, berikan kesempatan untuk memakannya. Karena siapa tahu makanan tersebutlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan terkadang makanan bisa membawa kenangan baik yang membuat kita merasa lebih baik.

Buat Makan Menjadi Hal yang Menyenangkan

Selain makanan apa yang akan dikonsumsi, sebaiknya pertimbangkan pengalaman saat menikmati makanan yang akan dikonsumsi ya Sobat sehat. Misalnya makan dengan orang terkasih. Hal ini bisa menimbulkan perasaan positif yang sedikit demi sedikit akan membangkitkan nafsu makan.

Bersyukur

Meskipun sepertinya remeh, namun ternyata bersyukur bisa membantu meningkatkan pikiran yang positif lho. Hal ini tentunya bisa membantu kamu untuk mengendalikan dan mengembalikan nafsu makan.

Udah tahu kan cara mengelola nafsu makan? Jangan sampai sakit gara-gara kekurangan asupan nutrisi karena tidak nafsu makan akibat stress. Yuk kendalikan stress dengan baik agar tubuh tidak kehilangan kekebalannya untuk melawan penyakit!


Source:

CNNIndonesia.com