KAMU SERING PAKAI EARPHONE? PERHATIKAN EFEK SAMPINGNYA!

Memakai earphone atau headset untuk mendengarkan musik memang terasa lebih nyaman dan seolah tidak mengganggu orang lain. Namun ternyata, jika terlalu sering digunakan apalagi dengan volume yang keras, penggunaan earphone bisa merusak sel-sel saraf pendengaran. Sehingga telinga akan kesulitan bahkan tidak bisa menghantarkan rangsang suara menuju otak dan pendengaran pun menjadi terganggu.

Untuk menjaga fungsi pendengaran, normalnya seseorang memiliki batas kebisingan suara sebanyak 85 desibel dengan waktu paparan maksimal 8 jam per harinya. Desibel merupakan satuan tingkat kebisingan suara. Dalam percakapan normal, biasanya tingkat kebisingan yang terjadi adalah sekitar 60 desibel. Sedangkan suara keras seperti bunyi mesin atau suara musik rock mencapai sekitar 100-120 desibel.

Karenanya, terlalu sering menggunakan earphone dengan volume keras dengan jangka waktu yang lama bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, misalnya seperti:

Gangguan Pendengaran

Paparan suara keras meskipun  hanya dalam waktu yang singkat juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Saat hal ini terjadi, biasanya seseorang akan mengalami kesulitan untuk mendengarkan suara secara normal.

Sebenarnya gangguan pendengaran terbagi menjadi dua, yakni gangguan pendengaran yang bersifat sementara dan permanen. Gangguan pendengaran sementara berlangsung singkat dan bisa sembuh dengan sendirinya. 

Sementara itu, mendengarkan musik dengan volume keras menggunakan headset jika terlalu lama bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap dan terkadang baru terdeteksi melalui tes pendengaran.

Tinnitus

Kondisi ini merupakan saat Anda mendengar suara berdengung. Hal ini bisa disebabkan kebiasaan mendengarkan musik dengan volume suara yang tinggi selama 3 jam atau lebih menggunakan earphone. Tinnitus pun bisa menjadi semakin parah jika Anda sudah terlalu lama atau terlalu sering mendengarkan suara keras. Bahkan pendengaran Anda bisa terganggu.

Menurunnya Kemampuan Mendengar

Berkurangnya kemampuan pendengaran bisa dilihat dari adanya kebiasaan mulai menaikkan volume saat menonton film, kurang jelas mendengarkan suara, juga kesulitan mendengar dan memahami pembicaraan orang lain.

Lalu apakah kita tidak boleh menggunakan earphone?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk mendengarkan musik menggunakan earphone, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Untuk mengurangi efek samping pemakaian earphone, lakukan beberapa tips berikut ya Sobat Sehat!

-Atur volume musik dan usahakan suaranya tidak lebih dari 60% suara maksimal

-Jangan gunakan earphone selama lebih dari 1 jam

-Sebaiknya istirahatkan telinga setidaknya selama 5 menit setiap jamnya jika Anda menggunakan earphone selama lebih dari 1 jam

Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami keluhan tertentu akibat terlalu sering menggunakan earphone, misalnya seperti telinga berdenging, harus menaikkan volume saat menonton televisi, sering meminta lawan bicara untuk mengulang apa yang disampaikan dan lain sebagainya. Dokter spesialis THT biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui apakah telinga Anda mengalami gangguan atau tidak.


Source:

Alodokter.com