YUK PAKAI MASKER DENGAN BENAR, INI RISIKONYA MENURUNKAN MASKER KE DAGU!

Saat adanya pandemi, masker wajib digunakan untuk mencegah risiko penularan virus. Namun ternyata masih saja ada yang menganggap remeh penggunaan masker, misalnya  seperti cara penggunaannya yang kurang tepat. Salah satunya adalah menurunkan masker ke bagian dagu. 

Mungkin beberapa orang menganggap jika menurunkan masker ke dagu terasa lebih praktis daripada melepaskan semuanya pada saat makan, minum, ngobrol, menyetir, dan lain sebagainya. Padahal menurunkan masker ke dagu berisiko mengotori bagian dalam masker lho.

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, menghimbau masyarakat untuk tidak menurunkan masker ke bagian dagu saat sedang bersantai, menyetir, bahkan saat makan.

Menurunkan masker ke dagu dianggap bisa mencemari bagian dalam masker dengan berbagai bakteri, virus, atau kuman yang menempel di dagu. Hal ini disebabkan karena dagu merupakan area terekspos yang mungkin saja terdapat bakteri, kuman, atau virus yang menempel. Sehingga fungsi masker akan menjadi kurang optimal saat kembali dinaikkan untuk menutupi bagian mulut dan hidung.

Jika memang Anda berada dalam kondisi yang harus melepas masker, misalnya saat makan atau minum, sebaiknya lepas seluruh masker dan letakkan pada tas, plastik, atau wadah khusus untuk masker. Selalu jaga kebersihan masker agar tidak kotor dan terkontaminasi.

Masker wajib digunakan untuk melindungi diri. Karenanya, pakai masker dengan benar agar fungsi perlindungannya bisa lebih optimal ya Sobat Sehat. Pilih masker yang nyaman digunakan dalam waktu yang lama, karena masker yang tidak nyaman cenderung membuat orang tidak bisa tahan lama menggunakan masker. Masker yang nyaman memberikan cukup ruang antara masker dengan lubang hidung sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Selain menggunakan masker, jangan lupa juga poin lainnya dalam 3M ya Sobat Sehat. Yaitu menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan rutin. Lakukan protokol kesehatan untuk melindungi diri dan orang-orang yang Anda sayangi.


Source:

Dilansir dari berbagai sumber