HIPERTENSI BISA MEMICU GAGAL GINJAL KRONIS, WASPADA!

Ginjal berfungsi menyaring zat-zat tidak buangan dalam tubuh yang berasal dari makanan, obat-obatan, bahkan zat beracun yang masuk dalam tubuh kita. Setiap harinya pun ginjal menyaring sebanyak 200 liter darah dan mengeluarkan dua liter zat buangan melalui urin. Ginjal pun juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan mengatur tekanan darah serta kadar garam di dalam tubuh. Karenanya, ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang harus dijaga.

Berbagai penyakit ginjal dapat menghantui kita kapan saja, salah satunya adalah gagal ginjal kronis. Jika mengidap penyakit ini, seseorang akan mengalami penurunan fungsi ginjal di batas normal.

Jika mengalami gagal ginjal kronis, tubuh seseorang akan kehilangan kemampuan untuk menyaring kotoran, mengontrol air dalam tubuh, hingga mengatur kadar garam dan kalsium dalam darah. Karenanya, metabolisme yang tidak berguna akan menetap bahkan mengendap di dalam tubuh. Sehingga hal ini pun bisa membahayakan kondisi tubuh.

Penyakit gagal ginjal kronis bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya adalah hipertensi. Disadari atau tidak, hipertensi tidak hanya bisa mengakibatkan penyakit jantung saja namun juga bisa merusak pembuluh darah yang ada pada ginjal. Fungsi dari jutaan pembuluh darah pada ginjal tersebut adalah sebagai penyaring darah.

Jika pembuluh darah ini tidak berfungsi, maka aliran darah yang membuang zat-zat tidak berguna dalam tubuh pun bisa terhenti. Jika cairan dalam pembuluh darah meningkat, maka tekanan darah juga bisa meningkat. Kondisi inilah yang berbahaya. 

Sayangnya, pengidap penyakit ginjal yang disebabkan oleh hipertensi ini seringkali tidak merasakan gejala apapun. Biasanya kondisi ini baru diketahui saat pemeriksaan darah dan urin dengan kondisi ginjal yang sudah parah bahkan gagal ginjal.

Karenanya, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang bisa memicu hipertensi ya Sobat Sehat. Selalu jaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat, lakukan olahraga teratur, dan hindari rokok serta alkohol.


Source:

Halodoc.com