NGERASA INSECURE ITU NORMAL, INI CARA MENGATASINYA KALAU UDAH BERLEBIHAN!

Merasa insecure merupakan hal yang normal namun jika berlebihan hal ini bisa menghambat potensi diri. Karenanya, sebaiknya Anda tidak membiarkan rasa insecure dan segera mengatasinya.

Insecure merupakan gambaran perasaan seseorang yang merasa gelisah, marah, takut, malu hingga tidak percaya diri. Rasa insecure ini bisa disebabkan dari luar atau dari dalam diri seseorang. Misalnya karena ada perlakuan dipandang sebelah mata oleh orang lain dan lain sebagainya hingga adanya perasaan kesepian atau terlalu perfeksionis.

Rasa insecure yang berlebihan dapat menghambat potensi yang ada pada seseorang. Parahnya, perasaan ini bahkan bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan makan, hingga kelelahan kronis. Jika Anda memiliki rasa insecure yang berlebihan, yuk lakukan beberapa cara berikut agar terhindar dari kebiasaan ini.

Berpikir Positif dan Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi persoalan hidupnya. Hal ini tergantung dari pola pikir setiap orang dan bagaimana cara pandangnya. Saat menghadapi masalah, ada orang yang selalu menyalahkan dirinya secara terus menerus hingga menjadi stress. Namun ada juga yang terlihat santai karena melihat suatu permasalahan dari sisi positif. Sebaiknya Sobat Sehat selalu mencoba untuk berpikir positif apapun yang terjadi dan berhenti menyalahkan diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan terselamatkan dari rasa khawatir hingga rasa bersalah yang menguras energi.

Jangan Membandingkan dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi diri. Hal ini malah akan membuat Anda merasa rendah dan insecure. Kurangi penggunaan media sosial agar tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membandingkan diri, karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balik kehidupan media sosial seseorang. Biasakan untuk selalu bersyukur dengan apa yang Anda miliki agar pikiran menjadi lebih positif dan ingat selalu jika setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Hindari Orang yang Membuat Anda Merasa Semakin Insecure

Ada beberapa orang yang sering melontarkan kalimat negatif yang tidak membangun dan membuat Anda menjadi insecure. Hindari perilaku ini dan temukan lingkungan pertemanan yang selalu mendukung dan memberikan respon yang membangun.


Selain menerapkan beberapa cara tersebut, Anda juga bisa lebih fokus pada hal-hal yang bisa membuat bahagia dan melupakan rasa insecure. Lakukan olahraga agar tubuh bisa menjadi lebih rileks. 

Selalu jaga kesehatan tubuh dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makan bernutrisi ya Sobat Sehat. Selain bisa memperbaiki suasana hati, hal ini bisa membuat penampilan lebih menarik sehingga Anda lebih percaya diri. 


Perasaan insecure memang normal. Namun hal ini tidak boleh dianggap sepele dan biarkan begitu saja karena bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Jika rasa insecure tidak kunjung hilang, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog agar bisa ditangani sesuai dengan kondisi yang dialami.



Source:

Alodokter.com