EUCALYPTUS BISA OBATI COVID-19? KENALI BERAGAM MANFAATNYA!

Beberapa waktu lalu Kementerian Pertanian merilis sebuah kalung terbuat dari eucalyptus atau kayu putih yang diklaim efektif membunuh virus corona. Jika digunakan selama 15 menit pemakaian, kalung antivirus tersebut dinilai dapat membunuh sebanyak 42 persen virus corona. Bahkan pemakaian selama 30 menit dapat membunuh 80 persen virus. 

Pengujian terhadap beberapa jenis virus seperti virus influenza dan beberapa jenis virus corona memang telah dilakukan. Namun khasiat kalung eucalyptus tersebut belum diuji dengan virus corona jenis baru, yakni Sars-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Meski begitu, eucalyptus ini memang memiliki berbagai manfaat. Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaat minyak kayu putih!

Eucalyptus merupakan tumbuhan asli Australia dan memiliki banyak varian. Biasanya tumbuhan ini dibudidayakan untuk produk obat-obatan, termasuk minyak atsiri. Ekstrak eucalyptus secara tradisional dapat digunakan sebagai obat analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik untuk meredakan gejala infeksi pernapasan seperti flu dan sinus.

Eucalyptus juga memiliki sifat antimikroba. Menurut studi yang diterbitkan oleh Clinical Microbiology & Infection, minyak kayu putih memiliki antibakteri pada bakteri patogen pada saluran pernapasan bagian atas.

Selain itu, minyak kayu putih dianggap dapat merangsang respon sistem kekebalan tubuh. Para peneliti pun secara khusus menemukan jika minyak kayu putih dapat meningkatkan respons fagostik sistem kekebalan terhadap patogen melalui penelitian dengan model tikus. Fagositosis merupakan proses di mana sistem kekebalan tubuh dalam menghancurkan partikel asing.

Eucalyptus juga memiliki efek aromaterapi yang kuat, sehingga bisa meredakan pusing, pilek, hingga hidung tersumbat. Minyak kayu putih pun juga terasa hangat jika digunakan, sehingga dapat menghangatkan tubuh hingga meredakan nyeri otot dan pegal. Meski begitu, sebaiknya minyak ini tidak dioles pada luka terbuka karena bisa menyebabkan rasa perih dan dikhawatirkan akan memperparah luka.

Apakah Anda juga merupakan salah satu pengguna minyak kayu putih? Minyak kayu putih memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Jika ingin mencari produk minyak kayu putih, berbagai merek minyak kayu putih bisa Anda dapatkan di gerai Apotek K-24 atau aplikasi K24Klik lho!


Source:

CNN Indonesia

Kompas