HEY LADIES, YUK KENALI GEJALA KANKER PAYUDARA SEBELUM TERLAMBAT

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks. Sel kanker ini biasanya tumbuh dan menyerang jaringan payudara. Hingga kini pun belum diketahui penyebab pasti kanker payudara, namun penyakit ini dianggap muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara.

Ada beberapa hal yang sering dikaitkan dengan risiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Seperti faktor keturunan, usia di atas 50 tahun, gaya hidup yang tidak sehat misalnya kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, obesitas, gangguan hormon, usia menstruasi pertama di bawah 12 tahun, memasuki menopause pada usia lebih dari 50 tahun, hingga paparan radiasi. Seorang wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara jika pada keluarganya memiliki riwayat kanker payudara.

Berisiko ataupun tidak, tentunya tidak ada salahnya Anda mengetahui ciri-ciri kanker payudara stadium 1. Hal ini bisa dianggap sebagai antisipasi agar tidak terlambat untuk mengobati jika sel kanker telah tumbuh. Berikut ini merupakan ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang sebaiknya Anda ketahui.

Muncul Benjolan pada Payudara

Adanya benjolan pada payudara merupakan salah satu pertanda munculnya kanker payudara dan biasanya benjolan ini tidak selalu terasa sakit.  Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara merupakan kanker.

Berubahnya Warna Kulit Payudara

Perubahan warna kulit payudara seringkali disalah artikan sebagai infeksi. Padahal jika Anda tidak yakin dengan adanya benjolan pada payudara, perubahan warna kulit ini seharusnya bisa membuat Anda cukup waspada. 

Kulit payudara akan menjadi kemerahan seolah terjadi iritasi. Tidak hanya warna kulit yang berubah, namun biasanya juga terjadi perubahan pada tekstur kulit yakni permukaan kulit area yang terkena kanker payudara tampak berkeluk-keluk dan terjadi penebalan kulit.

Puting Terasa Sakit

Biasanya, kanker payudara stadium 1 juga ditandai dengan munculnya perubahan pada puting. Yakni puting mengeras hingga terasa nyeri pada puting. Selain itu bisa juga muncul cairan tidak normal dari puting atau bentuk puting menjadi terlihat masuk ke dalam.

Adanya Benjolan pada Ketiak

Benjolan di bawah ketiak juga berhubungan dengan kanker ini. Hal ini terjadi karena jaringan payudara meluas hingga bawah ketiak. Karenanya, kanker payudara bisa menyebar melalui getah bening di bawah ketiak.

Untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 seperti yang telah disebut di atas, sebaiknya Anda rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan. Rutin melakukan SADARI pun bisa membantu Anda untuk lebih mengenali tekstur jaringan payudara sendiri sehingga jika terjadi kejanggalan Anda bisa memeriksakan sedini mungkin. Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah seminggu setelah menstruasi berakhir. Jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala yang telah disebutkan di atas.

Kanker payudara tidak kalah mematikan dibandingkan dengan kanker serviks. Tentunya semakin cepat terdeteksi maka tingkat keberhasilan pengobatan akan semakin tinggi. Untuk mengurangi risiko kanker, sebaiknya Anda menjalani pola hidup sehat dan menjaga pola makan, serta rutin melakukan SADARI. 


Source:

Alodokter.com