MAKAN DI LUAR RUMAH SAAT PANDEMI, BOLEH NGGAK SIH?

Beberapa negara sudah melonggarkan aturan lockdown, sehingga tidak sedikit restauran atau toko-toko lainnya mulai buka. Peraturan PSBB di Indonesia pun juga dilonggarkan. Tapi sebenarnya apakah sudah aman untuk makan di luar meskipun masih dalam suasana pandemi seperti saat ini?

Makan di luar seolah menjadi kemewahan saat kasus Covid-19 meningkat, hal ini pun menjadi pemandangan yang langka karena restauran dihimbau untuk tidak menerima pelanggan makan di tempat. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai melonggarkan aturan PSBB dan memperbolehkan kembali sejumlah restoran menerima pelanggan makan di tempat. 

Tidak sedikit yang merasa jika makan di luar rumah saat adanya pandemi ini masih tergolong aman, tentunya dengan mengikuti prosedur pencegahan dan selalu menjaga kebersihan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda perhatikan saat Anda ingin makan di luar.

Sadar akan Risiko

Saat Anda akan pergi ke luar rumah di tengah pandemi ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda. 

Semua orang, tidak terkecuali Anda, berisiko tertular Covid-19. Penyakit yang menyerang pernafasan ini pun menimbulkan gejala yang beragam, mulai dari yang ringan hingga parah, bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Karenanya, sebaiknya Anda berhati-hati saat makan di luar. 

Sebelum memutuskan untuk pergi ke luar rumah, tidak ada salahnya untuk mengenali kondisi tubuh Anda. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya tunda untuk makan di luar agar mengurangi risiko penularan pada diri sendiri ataupun anggota keluarga lainnya.

Pakai Masker

Menggunakan masker saat bepergian merupakan hal yang penting untuk dilakukan di tengah pandemi. Penggunaan masker merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19, selain menjaga kebersihan dan menjaga jarak.

Beberapa restauran meminta pengunjungnya untuk datang menggunakan masker dan melepaskannya sebentar saat makan dan minum. Kemudian memakainya kembali saat berbicara. Masker kini bukan hanya aksesoris tambahan namun juga merupakan hal yang wajib digunakan saat bepergian ke luar rumah, termasuk ke restauran.

Lihat Situasi dan Keadaan Tempat Makan

Periksa keadaan restauran terlebih dahulu jika Anda sudah bertekad untuk makan di luar saat pandemi. Pastikan apakah kebersihan area makan tersebut sudah sesuai protokol atau belum. 

Selain itu pastikan pula restauran yang dituju menyediakan ruang atau meja sekitar 1-2 meter antar pelanggan. Jika terlalu ramai, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk makan di tempat tersebut. Berkerumun dalam keramaian bisa menyebabkan Anda berkontak langsung dengan orang lain, hal ini bisa meningkatkan penyebaran virus.

Sebaiknya Pilih Meja di Luar Ruangan

Setelah memastikan kondisi dan kebersihan restauran, sebaiknya Anda memilih meja di luar ruangan. 

Dilansir dari HelloSehat.com, menurut penelitian dari CDC, pendingin ruangan berisiko meningkatkan penyebaran Covid-19. Karenanya, sebaiknya Anda memilih meja di luar ruangan agar risiko penularan bisa berkurang saat Anda makan di luar rumah. 

Tidak Berlama-Lama

Sebelum adanya pandemi, nongkrong dan ngobrol bersama teman atau keluarga sambil makan di restauran merupakan hal yang biasa. Namun kini sebaiknya Anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk makan di luar rumah. Semakin lama Anda berada di tempat makan, maka semakin besar pula potensi penularan virus dapat terjadi. 



Makan di luar rumah di tengah pandemi bukanlah kondisi yang mendesak seperti halnya pergi ke kantor atau berobat ke dokter. Tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan memperhatikan beberapa hal tersebut sebelum memutuskan makan di restauran. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat di luar rumah dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain.


Source:

HelloSehat.com