KENAPA KUKU BISA MENGUNING? KENALI PENYEBABNYA!

Kuku yang terlihat kuning tentunya mengganggu penampilan sehingga membuat kepercayaan diri menurun. Warna kuku yang kuning ini ternyata tidak hanya disebabkan karena adanya kesalahan dalam melakukan perawatan, namun juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit serius dalam tubuh.

Semakin bertambahnya usia memang bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi terlihat menguning. Namun faktanya hal ini tidak hanya dialami oleh orang lanjut usia saja. Warna kuku yang menguning memang bisa berangsur hilang jika penyebabnya telah diatasi. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kuku menguning:

Terlalu Sering Menggunakan Kuteks

Penggunaan cat kuku atau kuteks yang terlalu sering bisa menyebabkan kuku menguning. Hal ini terjadi karena pigmen warna yang ada kutes terserap oleh kuku sehingga menyebabkannya berubah warna menjadi kuning. Tak hanya karena cat kuku saja, kuku yang menguning juga bisa disebabkan oleh penggunaan pembersih cat kuku, apalagi dengan kandungan aseton.

Sebaiknya istirahatkan kuku selama beberapa minggu setelah menggunakan kuteks agar kuku bisa  “bernafas” sejenak.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur bisa terjadi karena kebersihan kuku yang kurang terjaga. Infeksi jamur ini ditandai dengan gejala kuku yang menguning dan kulit di bawah kuku menebal sehingga menyebabkan kuku lepas.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda bisa menjaga kebersihan kuku secara teratur dan pastikan alat yang digunakan untuk merawat kuku benar-benar bersih.

Kurang Asupan Vitamin

Warna kuku yang menguning juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin dan mineral. Tak hanya berubah warna menjadi kuning, namun kuku pun akan terlihat kering, rapuh dan bentuknya tidak beraturan.

Adanya Penyakit Tertentu

Kuku yang kuning juga bisa terjadi karena adanya penyakit tertentu, misalnya seperti psoriasis dan diabetes. Tak hanya itu, hal ini juga bisa terjadi karena adanya sindrom kuku kuning yang ditandai dengan tiga gejala yakni kuku kuning, limfedema, dan gangguan pernafasan.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah terjadinya perubahan warna pada kuku adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembapannya dengan menggunakan produk perawatan kuku. Jika terjadi infeksi jamur, oleskan tea tree oil yang dicampur dengan vco atau minyak zaitun pada kuku. Anda pun juga bisa mengkonsumsi vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Jika beberapa hal tersebut sudah diterapkan dan tidak bisa mengembalikan kondisi kuku Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena hal ini bisa jadi menjadi indikasi munculnya penyakit serius pada tubuh Anda.



Source:

Alodokter.com