SERING PAKAI MASKER MALAH JERAWATAN? LAKUKAN INI YA SOBAT SEHAT!

Adanya pandemi ini membuat semua orang wajib memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19 yang sedang merebak. Meskipun masker bisa melindungi kita dari paparan virus, namun ternyata terlalu sering memakai masker malah bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah, misalnya saja jerawat.

Jerawat bisa muncul karena adanya gesekan masker pada kulit dan keringat yang terperangkap. Hal tersebut menyebabkan luka sehingga pelindung dari kulit menjadi rusak dan menyebabkan iritasi kemerahan bahkan kulit mengelupas. Inilah yang memicu munculnya jerawat. 

Pastinya Anda tidak mau kan wajah menjadi jerawatan hanya karena terlalu sering memakai masker? Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah munculnya jerawat karena pemakaian masker, yuk disimak!

Pilih Masker yang Tepat

Ada beberapa orang yang memiliki kulit wajah yang sensitif, sehingga sebaiknya pemilihan masker harus dilakukan dengan berhati-hati. Sesuaikan bahan masker yang cocok dengan kulit wajah. Sebaiknya hindari masker yang terbuat dari bahan polyester karena bisa menahan keringat, terutama jika wajah Anda mudah muncul jerawat.

Hindari pula masker dengan kain dengan tekstur yang kasar karena bisa menyebabkan iritasi. Pilih kain yang lembut sebagai lapisan dalam masker agar tidak menimbulkan banyak gesekan saat menempel di kulit. Namun pastikan lapisan luarnya lebih tebal ya Sobat Sehat agar bisa melindungi dari virus penyebab penyakit.

Ganti Masker Secara Berkala dan Jangan Pakai Berulang Kali

Jangan pakai masker berulang kali agar jerawat bisa dicegah. Jika Anda menggunakan masker kain, pastikan untuk mencucinya dengan bersih ya Sobat Sehat agar tidak menyebabkan munculnya bakteri penyebab jerawat atau penyakit lain yang menempel. Selain itu, batasi penggunaannya selama 4 jam dan kemudian ganti dengan masker kain yang baru.

Selalu Jaga Kebersihan Wajah

Meskipun sering menggunakan masker, jerawat bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut dan bebas minyak sebelum memakai atau melepas masker. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering mencuci wajah ya Sobat Sehat karena hal ini bisa menyebabkan kulit kering.

Beberapa hal tersebut bisa diterapkan untuk mencegah munculnya jerawat meskipun sering memakai masker. Menggunakan masker memang penting untuk mencegah penularan virus di masa pandemi seperti saat ini, namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan masker yang digunakan ya Sobat Sehat!


Source:

Halodoc.com