YAKIN MUDIK KE KAMPUNG HALAMAN? YUK STAY DI RUMAH AJA!

Beberapa waktu lalu juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 menyampaikan agar masyarakat tetap tinggal di rumah, jangan bepergian, dan tidak mudik untuk menghindari penularan dan penyebaran virus corona.

Saat pergi ke luar rumah, kita tidak pernah tahu siapa saja orang yang membawa virus di luar sana. Orang yang terinfeksi Covid-19 bisa jadi terlihat tidak memiliki gangguan sama sekali dan tidak membawa virus penyebab Covid19 dalam tubuhnya. Mereka sama sekali tidak memiliki keluhan sakit atau mungkin keluhannya sangat ringan sehingga tidak menganggap dirinya baik-baik saja.

Ketidakmampuan dalam mengenali orang tanpa gejala secara kasat mata ini lah yang membuat kita lebih baik tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain selama pandemi Covid-19. Keluar rumah bisa jadi sangat berbahaya, apalagi jika sampai mudik.

Menjaga jarak dari orang lain, menggunakan masker, diam di rumah, tidak bepergian, dan tidak mudik merupakan upaya yang bisa melindungi diri agar tidak tertular atau menularkan virus ini pada orang lain.

Saat Anda melakukan mudik, tidak ada jaminan jika perjalanan yang dilakukan akan aman dari virus Covid-19. Potensi penularan virus corona sangat besar dan bisa saja terjadi di mana pun, misalnya seperti kendaraan umum, terminal, stasiun, bandara, rest area, hingga toilet umum yang dikunjungi selama perjalanan.

Saat ini semua orang tengah berusaha untuk memerangi virus corona dengan caranya masing-masing. Jika Anda masih nekat melakukan mudik, mungkin tidak masalah jika Anda sendiri yang tertular virus ini. Namun yang menjadi masalah adalah setelah Anda melakukan perjalanan ini, Anda bisa saja membawa virus dan menyebarkannya pada anggota keluarga lain di kampung halaman. Apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga yang rentan seperti telah berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit kronis. Jika kelompok orang yang rentan ini terkena Covid-19, mereka berisiko jatuh dalam kondisi sakit yang berat dan berisiko fatal.

Karenanya, untuk memutus rantai penularan Covid-19 ini sebaiknya kita tidak boleh egois ya Sobat Sehat. Tetap di rumah, hindari kerumunan, istirahat cukup dan teratur, dan jaga imunitas diri.

Sobat Sehat, lebaran kali ini mungkin sangat berbeda karena adanya pandemi. Sebaiknya tetap ikuti anjuran dari pemerintah agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas dan pandemi ini bisa ditangani dengan baik. Dalam kondisi ini, menjaga silaturahmi tidak harus saling menemui, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya melalui media sosial dan videocall.


Source:

Covid19.go.id