SAHUR SECUKUPNYA SAJA, INI YANG AKAN TERJADI JIKA BERLEBIHAN!

Sahur sangat dianjurkan sebelum mulai menunaikan ibadah puasa. Saat berpuasa tubuh harus menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Karenanya, tubuh memerlukan energi agar bisa kuat menahan lapar dan haus. Asupan energi ini bisa didapat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur.

Sayangnya, orang sering berpikiran untuk makan sebanyak-banyaknya saat sahur agar bisa kuat berpuasa. Padahal, ada dampak yang ditimbulkan jika kita sahur berlebihan. Apa aja ya kira-kira?

Perut Terasa Tidak Nyaman

Lambung manusia normalnya dapat menampung 1 hingga 1,5 makanan. Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengosongkannya kembali. Selama itu pula perut akan terasa tidak nyaman dan penuh saat Anda makan dengan berlebihan.

Bikin Ngantuk

Dalam proses mencerna makanan, sel-sel dalam pankreas memproduksi insulin yang bisa memicu peningkatan hormon melatonin dan serotonin. Semakin banyak kadar kedua hormon ini di dalam tubuh kita maka akan semakin besar rasa kantuk yang muncul.

Makin Gemuk

Tidak sedikit orang yang merasa berat badan naik saat berpuasa. Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Bisa jadi karena hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan saat sahur dan buka puasa. Asupan kalori yang masuk dalam tubuh saat sedang sahur dan berbuka jadi lebih banyak daripada saat kita tidak sedang berpuasa.

Jadi Cepat Lapar

Kebiasaan makan dengan berlebihan pun bisa memicu resistensi terhadap hormon leptin, sehingga hal ini bisa mengganggu sinyal lapar-kenyang dalam tubuh yang menjadi semakin tidak terkontrol. Rasa lapar pun bisa jadi tiba-tiba muncul padahal perut sebenarnya masih penuh.

Karenanya, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan secukupnya saja. Namun pastikan agar makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi agar bisa membantu kebugaran tubuh dan menambah kekuatan saat harus berpuasa.


Sumber:

Detik.com