BIAR LEBARAN NGGAK MAKIN LEBAR-AN, BEGINI CARANYA!

Tidak terasa umat muslim memasuki momen Idul Fitri setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Momen lebaran bisanya selalu dirayakan dengan berbagai hidangan yang disajikan untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan kerabat.

Menu sajian khas lebaran ini sangat bermacam-macam. Misalnya seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut tentunya terlihat sangat menggiurkan, namun Anda harus berhati-hati karena ada bahaya yang mengintai jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Menu hidangan lebaran biasanya memiliki banyak kandungan lemak dan karbohidrat. Karenanya, sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengkonsumsinya agar tubuh terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan dan bisa tetap bugar menjalani momen Idul Fitri bersama dengan keluarga.

Memang tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Namun sebaiknya Anda tetap memperhatikan apa yang akan dimakan ya Sobat Sehat. Kendalikan nafsu makan agar jumlah asupan kalori tidak berlebihan dan agar berat badan tidak melonjak pasca lebaran.

Selain itu, pastikan agar porsi tidak berlebihan dan gunakan pola makan seperti biasanya. Biasakan untuk memilih makanan dengan mempertimbangkan kandungan gizinya. Meskipun banyak hidangan yang menggiurkan, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan vitamin c untuk menetralisir lemak yang telah dikonsumsi.

Lebaran merupakan momen satu tahun sekali, namun pola makan harus tetap terkontrol agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti terjadi lonjakan berat badan, kolesterol naik, hipertensi, dan lain sebagainya. Selalu pertimbangkan asupan makanan Anda untuk menjaga kesehatan badan, terutama dalam masa pandemi ini.



Source:

Alodokter.com