MINUM OBAT DENGAN AIR DINGIN, APA DAMPAKNYA BAGI TUBUH?

Saat mengkonsumsi obat, ada berbagai aturan yang sebaiknya dipatuhi, baik obat yang didapat dari dokter ataupun obat yang diperoleh dari apotek. Umumnya orang mengkonsumsi obat menggunakan air untuk membantu mendorongnya agar mudah ditelan. Tapi sebenarnya apakah ada aturan khusus mengenai air yang digunakan untuk mengkonsumsi obat?

Saat ini memang belum ada penelitian ilmiah yang membahas mengenai temperatur air yang sebaiknya digunakan untuk meminum obat, karena ada banyak jenis obat dengan aturan pakai yang berbeda-beda. 

Obat diserap saat melewati selaput di lambung dan usus. Agar proses penyerapan obat bisa terjadi dengan optimal, kondisi organ dalam tubuh harus dalam kondisi yang baik, termasuk suhu dan temperatur.

Saat obat diminum dengan air dingin, suhu dalam perut pun jadi menurun. Hal ini bisa menghambat proses pelarutan obat sehingga menyebabkan penyerapan obat tidak optimal.

Tak hanya itu, tubuh pun secara otomatis malah akan lebih berfokus untuk menstabilkan suhu yang menurun akibat air dingin dibandingkan berkonsentrasi pada proses penyerapan obat yang dikonsumsi. 

Umumnya zat akan lebih mudah larut dalam suhu yang lebih hangat. Karenanya, obat akan lebih mudah larut diserap tubuh saat diminum dengan air hangat atau dengan temperatur normal. 

Jadi, untuk meminum obat, sebaiknya gunakan air dengan temperatur normal atau hangat ya Sobat Sehat, tapi bukan air panas ya. Jika air terlalu panas malah akan merusak kandungan obat yang dikonsumsi.


Source:

Hellosehat.com