KALAU NGGAK ADA WFH, GIMANA CARANYA BIAR AMAN DARI COVID-19?

Adanya Covid-19 membuat kita mau tidak mau harus mengkarantina diri di rumah. Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan kebijakan untuk bekerja di rumah dari kantornya. Selain itu, ada pula orang yang terpaksa tetap harus bekerja karena mengandalkan upah harian. 

Meskipun Anda tetap bekerja di luar selama adanya pandemi ini, sebaiknya Anda tetap memperhatikan kesehatan dan keamanan diri. Pastikan Anda dalam keadaan sehat saat akan meninggalkan rumah. Jika terdapat kondisi demam, batuk, atau pilek, sebaiknya Anda tetap berada di rumah untuk sementara waktu.

Gunakan masker dan pakaian lengan panjang saat keluar rumah. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan transportasi umum. Jika Anda memang terpaksa harus menggunakan transportasi umum, pastikan untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain dan usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas umum. Selalu bawa hand sanitizer di dalam tas Anda juga ya Sobat Sehat. Jangan sentuh wajah dan mengucek mata jika Anda belum membersihkan tangan sebelumnya.

Mungkin ada orang yang bekerja di area publik dan harus bertemu dengan banyak orang dengan mobilitas tinggi, namun ada pula orang yang pekerjaannya memang harus stay di kantor. Jika memang Anda bekerja di area publik, pastikan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak aman dari orang lain. Upayakan untuk menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setidaknya empat jam sekali. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer. 

Jika Anda bekerja di kantor, sebaiknya segera mencuci tangan dengan air dan sabun saat tiba di tempat kerja. Selalu gunakan siku untuk membuka gagang pintu atau menekan tombol lift. Pastikan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak satu sama lain saat berada dalam lift ya Sobat Sehat!

Sebelum mulai bekerja, bersihkan meja kerja Anda menggunakan disinfektan. Selalu jaga jarak dengan rekan kerja lainnya dan usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas yang sering dipakai bersama di kantor. Selalu gunakan masker ya Sobat Sehat.

Kunci penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan menerapkan perilaku hidup sehat di tempat kerja. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang ya Sobat Sehat. Selain itu, olahraga teratur pun bisa membantu kita untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.



Source:

Kementerian Kesehatan