CUKUPI ASUPAN HARIAN AIR SAAT PUASA, PENTING!

Saat puasa, tubuh harus menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam. Tubuh seseorang bisa mengalami dehidrasi ketika menahan haus. Padahal, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

Setiap orang memiliki kandungan air sebanyak 60 hingga 70 persen dalam tubuhnya. Saat terjadi pengurangan cairan pada tubuh, sel-sel dan saraf pada tubuh bisa terpengaruh karena hal tersebut. Kekurangan asupan air pun bisa menyebabkan gangguan seperti sakit kepala, kelelahan, nyeri pada punggung bagian bawah, hingga kulit yang kering. Dehidrasi yang parah pun bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti gangguan ginjal hingga kejang. 

Karenanya, mengatur asupan kebutuhan air sangatlah penting, terutama saat sedang berpuasa. Dengan begitu, tubuh tidak akan dehidrasi dan aktivitas yang dilakukan pun tidak akan terganggu. Lalu, bagaimana caranya mengatur asupan air minum saat sedang berpuasa?

Setiap orang setidaknya memerlukan asupan air minum sebanyak 8 gelas atau 2 liter air per harinya. Namun jumlah tersebut sebaiknya tidak Anda minum secara langsung. Menurut anjuran dari Kementerian Kesehatan, Anda bisa membagi 2 liter atau 8 gelas air minum tersebut untuk diminum secara bertahap. Caranya yaitu:

1 gelas air sebelum tidur

1 gelas air saat bangun sahur

1 gelas air setelah makan sahur

1 gelas air saat berbuka puasa

1 gelas air setelah sholat magrib

1 gelas air setelah makan malam

1 gelas air setelah shalat isya

1 gelas air setelah shalat tarawih

Mungkin sebagian besar orang kurang menyukai meminum air putih dan merasa berat untuk mencukupi asupan harian air minum sebanyak 8 gelas per hari. Karenanya, agar tidak terasa berat, Anda bisa membaginya untuk diminum secara bertahap sesuai dengan anjuran tersebut.

Sobat Sehat, tercukupinya asupan kebutuhan air harian sangatlah penting. Minumlah bukan karena Anda merasa haus, namun minumlah air putih karena tubuh Anda memerlukannya.



Source:

Kemenkes

Halodoc.com