TANGAN PEGAL KARENA SERING MENGETIK, ATASI DENGAN CARA INI!

Tuntutan pekerjaan seringkali membuat kita harus terpaku pada laptop atau komputer untuk mengetik. Akibat terlalu sering mengetik, rasa sakit pun muncul di area pergelangan tangan dan jari karena sering menjadi tumpuan ketika sedang bekerja di depan monitor.

Dilansir dari hellosehat.com, menurut Cleveland Clinic, seorang dokter bedah ortopedi bernama Wiliam Seitz menjelaskan jika rasa sakit dan pegal yang muncul ini diakibatkan oleh adanya masalah persendian area pergelangan tangan. 

Terlalu sering mengetik secara berulang-ulang pun juga dapat menyebabkan rasa sakit pada jari. Tak hanya itu, nyeri tangan ini pun dapat berhubungan dengan jaringan saraf yang saling berhubungan dari ujung jari ke leher. Inilah yang menyebabkan jari, pergelangan tangan, dan leher sering terasa sakit saat terlalu sering mengetik. 

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Atur Posisi Duduk

Atur posisi monitor, mouse, dan keyboard sesuai dengan tinggi dan ukuran tubuh. Selain itu, pastikan Anda duduk dalam posisi yang tegak dan nyaman. Sebaiknya hindari posisi duduk dengan membungkuk atau terlalu condong ke depan karena bisa membuat tulang punggung dan pergelangan tangan sakit.

Posisikan Pergelangan Tangan Saat Mengetik

Selain posisi duduk, sebaiknya atur posisi pergelangan tangan saat mengetik. Pastikan pergelangan tangan dan lengan Anda tidak miring ke bawah atau ke atas saat mengetik. Pastikan pergelangan tangan dan lengan harus lurus dengan siku.

Lakukan Peregangan dengan Rutin

Peregangan sangat penting dilakukan agar tubuh tidak kaku dan tegang. Pastikan untuk melakukan peregangan tubuh, jari, dan tangan setiap satu atau dua jam sekali. Peregangan ini bisa dilakukan selama 15-20 menit sehingga Anda tidak terus menerus terpaku di depan monitor.

Kompres Jari

Selain menerapkan beberapa cara tersebut, Anda juga bisa mengurangi rasa sakit pada jari dengan mengompresnya menggunakan es. Gunakan handuk untuk membungkus es, kemudian tempelkan pada jari yang sakit selama 20 menit. Lakukan hal ini secara berkala, yaitu setiap dua hingga tiga jam.

Cara tersebut merupakan beberapa langkah untuk menghilangkan rasa sakit pada tangan akibat terlalu sering mengetik. Namun jika beberapa cara ini telah diterapkan dan tidak membawa hasil, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Source:

Hellosehat.com