WASPADA, INI BAHAYANYA MEROKOK SAAT BUKA PUASA

Saat waktu buka puasa tiba, tidak sedikit dari para perokok berat yang langsung mengepulkan asap rokoknya setelah berbuka, meskipun baru menelan sedikit air atau makanan pembuka. Padahal, merokok dalam kondisi perut kosong seperti saat berbuka puasa memiliki bahaya yang berlipat ganda lho, Sobat Sehat. 

Saat berpuasa tubuh kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Bisa dibilang jika perut kita kosong karena tidak ada nutrisi yang masuk. Saat berbuka puasa langsung merokok, artinya, asupan pertama dalam tubuh adalah zat-zat beracun. 

Rokok mengandung zat beracun yang membahayakan tubuh, salah satunya adalah karbon monoksida. Zat ini bisa mengikat hemoglobin darah 300 kali lebih kuat dibandingkan oksigen. Saat sirkulasi karbon monoksida dalam tubuh sangat banyak, maka tubuh bisa kekurangan oksigen dan membuat kepala terasa pusing.

Tak hanya itu, selain membuat sel tubuh kekurangan oksigen, banyaknya kadar karbon monoksida dalam tubuh juga bisa menurunkan fungsi otot dan jantung. Bahkan karbon monoksida dalam darah bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kondisi ini semakin lama bisa menyebabkan adanya penumpukkan plak di pembuluh darah arteri bahkan membuat pembuluh darah menyempit dan akhirnya mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Selain karbon monoksida, zat berbahaya yang ada dalam rokok adalah nikotin. Asupan nikotin dalam tubuh saat kondisi perut kosong pun juga berbahaya karena hal tersebut  bisa meningkatkan risiko terserang kanker paru-paru.

Nikotin yang mengalir dalam tubuh pun dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan aliran darah ke jantung. Zat ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung, karena menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Merokok saat berbuka puasa sangatlah berbahaya, karena kandungan zat kimia yang ada di dalamnya bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Misalnya saja seperti kanker, penyakit jantung dan paru-paru, diabetes, hingga disfungsi ereksi pada pria.

Sebaiknya hindari rokok saat sedang berpuasa ataupun tidak. Saat sedang berbuka puasa pun sebaiknya konsumsi makanan sehat yang bernutrisi agar bisa bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu menerapkan pola hidup sehat lainnya.


Source:

Halodoc.com