KURANG TIDUR HAMBAT DAYA TAHAN TUBUH, CEK FAKTANYA!

Selain menjaga pola makan dengan asupan yang bergizi, tidur yang cukup pun juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh lho.

Sayangnya, waktu tidur seringkali disepelekan oleh sebagian besar orang. Apalagi dengan adanya pandemi virus corona yang menyebabkan adanya karantina mandiri pun semakin membuat orang memiliki gangguan tidur.Karenanya, waktu tidur menjadi terganggu dan tidur menjadi kurang berkualitas. 

Tidur memang bukan obat dari segala penyakit, namun tidur cukup bisa membantu tubuh lebih tahan melawan penyakit penyakit.


Tapi sebenarnya, apa sih hubungannya tidur dengan daya tahan tubuh?


Tidur Bisa Meningkatkan Respon Sistem Imun

Tidur yang nyenyak bisa memperbaiki sistem imun sehingga membuat badan menjadi lebih prima dan bisa selalu siaga saat harus berperang melawan patogen yang menyebabkan penyakit. Dilansir dari CNN Indonesia, tidur bisa mendukung tubuh untuk melepaskan dan menciptakan protein sitokin yang bisa membantu sistem imun untuk bisa merespons antigen dengan cepat.

Tidur Cukup Bikin Nggak Gampang Sakit

Kurang tidur bisa melemahkan penghalang dan fungsi seluler yang membentuk kekebalan tubuh dan mengakibatkan respon terhadap infeksi menjadi lebih lambat. Kurang tidur secara kronis bisa menekan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, Anda akan lebih rentan terserang penyakit jika kurang tidur.

Tidur Bisa Mempengaruhi Memori Imunologis

Memori imunologis adalah kemampuan sistem imun untuk mengenali antigen yang sudah ditemukan dan menghasilkan respon imun yang tepat. Tidur yang cukup pun bisa mendukung memori imunologis yang ada pada tubuh kita.

Kurang Tidur Berpengaruh Pada Kesehatan Jangka Panjang

Kurang tidur bisa berdampak pada kesehatan jangka panjang. Jika kurang tidur terjadi secara terus menerus, maka hal ini bisa mengakibatkan penurunan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, kurang tidur juga berhubungan dengan masalah jantung, risiko obesitas, dan diabetes.

Sobat Sehat, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh saat kita bisa tidur dengan cukup dan berkualitas. Karenanya, jangan disepelekan ya. Selain tidur, faktor lain yang juga mempengaruhi daya tahan tubuh adalah pola makan yang baik, olahraga dengan teratur, juga mengelola stress dengan baik.


 

Source:
CNNIndonesia.com