TETAP BUGAR SAAT PUASA SELAMA PANDEMI COVID-19, SIMAK TIPSNYA!

Bulan ramadhan kali ini terasa sangat berbeda bagi umat muslim, karena di saat yang bersamaan kita juga tengah menghadapi pandemi Virus Corona. 

Salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menjaga daya tahan tubuh, salah satunya bisa diperoleh dari konsumsi makanan bergizi. Namun jika sedang menjalankan ibadah puasa selama pandemi ini, kira-kira bagaimana ya caranya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh?

 Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda terapkan di rumah untuk menjaga kesehatan tubuh meskipun sedang berpuasa selama pandemi Covid-19. Yuk disimak!

Konsumsi Makanan Bergizi

Memiliki pola makan yang baik dengan asupan gizi seimbang merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Namun saat sedang berpuasa, tubuh kita tidak bisa menerima  asupan nutrisi dari makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Karenanya, pastikan untuk mengkonsumsi makanan bergizi saat buka dan juga sahur selama berpuasa.

Sebaiknya jangan sampai melewatkan sahur karena bisa menyebabkan Anda merasa lemas selama seharian penuh. Saat berbuka puasa pun sebaiknya hindari untuk makan secara berlebihan, karena hal ini akan membuat Anda merasa kembung. Pilih makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat. Bila perlu, Anda juga bisa mengkonsumsi multivitamin untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Pastikan Kebutuhan Air Tercukupi

Meskipun berpuasa, kebutuhan air harus terus dipenuhi agar tubuh tidak dehidrasi dan lemas seharian saat berpuasa. Asupan air yang diperlukan oleh tubuh umumnya adalah delapan gelas perhari. Untuk memenuhi jumlah tersebut, Anda bisa membaginya untuk diminum saat sahur, buka puasa, dan menjelang tidur. 

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun saat sedang berpuasa, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan di rumah agar tubuh bisa tetap bugar. Untuk sementara waktu, hindari untuk pergi ke gym atau lapangan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Tidur Cukup dan Hindari Stress

Stress merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh. Karenanya, Anda bisa menghindari stress. Tidur yang cukup bisa mengurangi stress. Tak hanya itu, tidur pun baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Pastikan Anda memiliki durasi tidur selama 6-8 jam sehari agar tidak mudah merasa lelah saat puasa di tengah Covid-19.

Jaga Kebersihan

Faktor utama untuk mencegah penularan Covid-19 adalah menjaga kebersihan. Sebisa mungkin, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan segera lepaskan sepatu, jaket, tas, dan barang lainnya yang Anda bawa dari luar rumah. Selain itu, pastikan pula untuk rutin membersihkan benda-benda yang sering Anda sentuh seperti meja, gagang pintu, dan lain sebagainya.

 

Jika diri dan lingkungan bersih, tentunya tubuh akan tetap sehat dan bugar. Hal inilah yang kita perlukan selama berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Jaga kesehatan selalu ya Sobat Sehat!


Source:

Hellosehat.com