CEGAH ASAM LAMBUNG NAIK SAAT PUASA, BEGINI CARANYA!

Saat sedang berpuasa, seseorang harus menahan lapar dan haus untuk jangka waktu tertentu. Karenanya, tubuh pun tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup dalam waktu yang lama, hal ini menyebabkan asam lambung naik karena tidak ada makanan yang bisa diproses oleh cairan tersebut.

Asam lambung bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada perut dan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang ditimbulkan seperti nyeri, ulu hati yang terasa perih, hingga sensasi terbakar pada dada. Karenanya, tidak sedikit pengidap gangguan asam lambung yang menjadi ragu untuk berpuasa. Padahal, naiknya asam lambung saat sedang berpuasa juga bisa dicegah lho. 

Jika masalah lambung terjadi karena disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur atau belum parah, Anda tetap bisa berpuasa asalkan diimbangi dengan pola makan yang teratur. Selain itu jika asam lambung disebabkan oleh gangguan lainnya, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Yuk simak caranya!


Atur Pola Makan 

Atur pola makan dengan baik ya Sobat Sehat. Hindari makanan dan minuman yang bisa memicu produksi asam lambung secara berlebihan. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas saat sahur dan berbuka, misalnya seperti bumbu kacang.

Batasi juga konsumsi minuman yang bersifat asam, dengan kafein tinggi, atau minuman bersoda. Karena minuman tersebut bisa memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung yang semakin membuat tubuh tidak nyaman.


Kurangi Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat bisa dilakukan untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa. Biasanya, seseorang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan kemudian beralih pada diet rendah karbohidrat akan mengalami penurunan asam lambung. Hal ini sangat baik untuk mencegah naiknya asam lambung terutama saat berpuasa.

 

Hindari Rebahan Setelah Berbuka atau Sahur

Berbuka puasa sering dijadikan sebagai ajang balas dendam untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak. Rupanya hal ini bisa membuat tubuh memproduksi asam lambung lebih banyak karena asupan makanan yang meningkat. Tak hanya itu, beberapa orang pun kerap tidur lagi setelah sahur dan hal ini juga bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menyebabkan refluks. Karenanya, sebaiknya Anda mengatur waktu makan yang tepat saat sahur atau berbuka puasa agar tidak langsung berbaring setelahnya.


Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan. Kebiasaan menghisap rokok rupanya juga bisa memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya hindari merokok saat sedang berpuasa karena hal ini akan berakibat buruk.


Berpuasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban umat muslim. Tentunya setiap orang selalu ingin menjalankan ibadah ini dengan maksimal.

Jika gangguan asam lambung masih terjadi setelah mengikuti beberapa langkah di atas, ada baiknya jika Sobat Sehat berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.


Source: 

Halodoc.com