BERBUKA PUASA DENGAN KURMA, INI MANFAATNYA

Kurma merupakan salah satu buah atau makanan yang identik dengan bulan ramadan. Buah yang berwarna kecoklatan ini pun memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh, tak heran jika umat muslim dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa.

Buah kurma memiliki kandungan vitamin, zat besi, nutrisi, dan kalsium lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Sehingga buah ini disunahkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. 

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa diambil dari buah kurma:


1. Membantu Mengontrol Gula Darah

Tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam tentunya membuat perut kosong. Karenanya, saat berbuka puasa, sebaiknya mengkonsumsi makanan manis terlebih dahulu untuk meningkatkan energi dan gula darah. Meski begitu, mengkonsumsi makanan manis juga harus berhati-hati agar gula darah tidak melonjak secara tiba-tiba.

Kurma yang memiliki rasa manis merupakan sumber gula alami yang bisa menjaga gula darah agar tetap stabil. Tak hanya itu, serat alami yang yang ada di dalam kurma pun bermanfaat untuk mencegah kadar gula melonjak terlalu tinggi setelah mengkonsumsinya.

Meski begitu, sebaiknya Anda konsumsi 3 butir kurma saja agar tubuh tidak menyerap terlalu banyak gula.

2. Mengurangi Rasa Lapar

Kurma memiliki kandungan gula dan serat yang jika dikonsumsi bisa membantu mengurangi rasa lapar. Sehingga jika dikonsumsi saat berbuka puasa, buah ini bisa menghindarkan tubuh dari asupan kalori yang berlebihan karena kurma bersifat mengenyangkan. 

Selain itu, kurma memiliki senyawa yang bisa mengaktifkan organ pencernaan. Mengkonsumsinya saat buka puasa tentu dapat mempersiapkan perut untuk mencerna makanan setelah menahan lapar.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Berubahnya pola makan saat berpuasa bisa berisiko meningkatkan konstipasi. Serat yang terkandung dalam kurma bisa mencegah masalah pencernaan saat berpuasa, misalnya saja sembelit. Kurma memiliki serat yang bisa membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan, juga menghindari sembelit dan diare. Buah ini pun memiliki kandungan fenolik yang berkhasiat untuk membersihkan usus, bahkan mencegah risiko kanker usus.

Buah kurma pun baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Kurma bisa membantu menurunkan nafsu makan berlebihan saat puasa.

4. Menyesuaikan Keasaman Darah

Kurma pun mengandung garam alkali yang bisa menyeimbangkan keasaman darah yang dihasilkan dari asupan makanan berlebihan saat berbuka puasa, seperti daging juga karbohidrat. Kadar asam yang tinggi dalam darah ini berisiko meningkatkan beberapa penyakit seperti asam urat, batu ginjal, hingga tekanan darah tinggi.

Meskipun kurma baik untuk kesehatan, namun sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi buah ini secukupnya saja ya Sobat Sehat. Jika dimakan secara berlebihan dikhawatirkan malah akan membuat gula darah melonjak tinggi.


Source:

CNNInonesia.com