SEMPROT DISINFEKTAN KE TUBUH BISA BUNUH VIRUS CORONA ATAU MALAH BAHAYA SIH?

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir akan adanya virus corona. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mencegah penularan virus ini. Salah satunya adalah dengan menyemprotkan disinfektan.

Tidak hanya permukaan benda dan lingkungan sekitar yang disemprot, bahkan tubuh manusia pun ikutan disemprot melalui bilik disinfektan yang bisa dijumpai di beberapa tempat. Padahal, menyemprotkan cairan disinfektan pada tubuh justru berbahaya lho.

Virus, bakteri, atau mikroba penyebab penyakit yang menempel di permukaan benda memang bisa terbunuh dengan cairan disinfektan. Namun, menyemprotkannya pada tubuh tidak akan bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Cairan yang berupa alkohol atau pemutih pakaian ini justru berbahaya jika terkena pakaian, mata atau mulut. 

Gunakan alkohol dan klorin sebagai disinfektan dengan pemakaian yang tepat sesuai dengan petunjuk penggunaan. Misalnya saja untuk membersihkan permukaan benda yang sering kita sentuh seperti meja, kursi, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Ada beberapa langkah aman untuk mencegah penularan virus corona yang bisa dilakukan. Misalnya saja sesuai dengan anjuran dari WHO (World Health Organization), yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Jika terpaksa harus berpergian ke luar rumah, pastikan untuk mandi dan mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas dari luar atau setelah mengunjungi daerah terjangkit. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan physical distancing dengan jarak minimal 1 meter.


Yuk kita lawan virus corona dengan tepat!


Source: 

WHO

Kumparan.com