BAYI MENGGUNAKAN HAND SANITIZER, APAKAH AMAN?

Beberapa waktu lalu WHO menetapkan virus corona sebagai pandemi karena telah menjangkit secara global di lebih dari 100 negara. Tidak sedikit yang merasa khawatir akan ancaman penularan virus tersebut, tak terkecuali orang yang sedang memiliki bayi. Salah satu pertanyaan umum bagi para ibu adalah: perlukah membersihkan tangan si kecil dengan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus corona?

Hand sanitizer merupakan pembersih tangan yang berbasis alkohol berupa etanol atau isopropanol. Hand sanitizer yang berbentuk cairan atau gel ini biasanya digunakan sebagai alternatif pembersih tangan jika tidak tersedia sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan. 

Keberadaan hand sanitizer saat ini digunakan untuk membersihkan tangan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Karena virus ini diketahui dapat menular secara tidak langsung, misalnya saja melalui benda yang terkontaminasi cipratan ludah penderita Covid-19 dan kemudian benda tersebut disentuh oleh orang lain yang kemudian menyentuh mulut, hidung, atau matanya tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu.

Lalu, apakah bayi boleh menggunakan hand sanitizer?

Sebaiknya hindari penggunaan hand sanitizer pada bayi, karena kulitnya masih sangat lembut dan sensitif sehingga rentan mengalami masalah pada kulit. Kulit bayi tidak bisa sembarangan bersentuhan dengan bahan kimia.

Kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Terlebih, alkohol cenderung membuat kulit kering. Kulit dengan kondisi yang kering lebih rentan mengalami gatal-gatal, alergi, bahkan infeksi. Tidak hanya itu, alkohol pun bisa terserap pada aliran darah bayi melalui kulitnya yang tipis.

Sebaiknya gunakan air dan sabun yang memang diformulasikan khusus untuk bayi untuk membersihkan tangannya. Jika tidak ada air dan sabun, anda bisa menggunakan tisu basah yang aman untuk bayi.

Selain menjaga kebersihan, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menghindarkan si kecil dari penularan virus corona, yaitu:

  • Berikan ASI secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

  • Jika bayi Anda sudah bisa mengkonsumsi MPASI, pastikan untuk memberikan makanan dengan gizi seimbang sambil tetap memberikannya ASI.

  • Selalu cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh, menggendong, ataupun menyusui si Kecil.

  • Hindari untuk membawa si kecil di tempat ramai kerumunan orang

  • Gunakan masker jika Anda sedang batuk atau pilek dan sebisa mungkin jauhkan si kecil dari orang yang sedang sakit.

Memakai hand sanitizer memang efektif untuk membersihkan tangan dari kuman dan penyakit. Meski begitu, penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol pada bayi malah bisa menyebabkan iritasi yang bisa menimbulkan gangguan pada kulit.

Pastikan Anda selalu menggunakan produk-produk yang aman untuk menjaga kebersihan kulit si kecil agar selalu terjaga dari penyakit. Jangan lupa pula untuk segera membawanya  ke dokter jika bayi Anda menunjukkan gejala infeksi virus corona.

Source:

Alodokter.com