MEMASUKI MASA LANSIA TUBUH SEMAKIN KURUS, APA PENYEBABNYA?

Semakin bertambahnya usia, tentunya hal ini akan membuat beberapa perubahan pada tubuh, terutama bagi orang-orang yang telah menginjak usia lanjut. Selain kulit yang semakin mengendur dan keriput, tidak sedikit lansia yang mengalami penyusutan berat badan.

Jika saat muda kenaikan berat badan dapat dengan mudah dialami, kondisi yang berbeda mungkin dapat kita alami saat kita telah menginjak usia lanjut. Hal ini disebabkan karena bentuk tubuh manusia yang biasanya akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia.

Penyusutan berat badan ini umumnya disebabkan oleh hilangnya sejumlah jaringan tanpa lemak dalam tubuh yang membuat badan lansia semakin kurus.

Normalnya tubuh setiap orang tersusun atas lemak, tulang, air, dan jaringan tanpa lemak yang berisi otot dan organ. Namun jaringan tanpa lemak akan menyusut sedikit demi sedikit saat kita telah memasuki usia 30 tahun ke atas. Tidak hanya itu saja, otot, hati, ginjal, juga organ tubuh lainnya pun akan semakin kehilangan sel-selnya.

Selain disebabkan oleh penyusutan sel organ tubuh, penyusutan berat badan lansia pun dapat disebabkan karena adanya masalah kesehatan, yang selanjutnya berujung pada penurunan status gizi lansia. Adanya penyakit juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Bahkan efek samping dari meminum obat-obatan juga dapat menyebabkan lansia semakin kurus.

Jangan anggap sepele saat tubuh lansia terlihat semakin kurus dari hari ke hari, apapun penyebabnya. Penurunan berat badan yang tidak direncanakan pada lansia dapat menandakan adanya kemungkinan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuhnya.

Karenanya, sangat penting untuk selalu memantau berat badan lansia setiap harinya. Bila perlu, buat catatan khusus yang dapat memudahkan, terutama saat ingin berkonsultasi dengan dokter. Selain itu perhatikan pula asupan gizi makanan lansia. Dilansir dari hellosehat.com, umumnya lansia dianjurkan untuk banyak mendapatkan asupan protein dan kalori dalam menu makanan atau minuman harian. Alasannya adalah, lemak padat dalam kalori dapat menjadi cara untuk meningkatkan asupan energi.

Namun jika para lansia mulai kehilangan selera makan, kekuatan atau kemampuan untuk berktivitas, konsultasikan segera dengan dokter untuk mendapatkan saran penanganan lebih lanjut.

Source: hellosehat.com