MASIH LAPAR PADAHAL SUDAH MAKAN? INI ALASANNYA!

Terkadang kita masih saja merasa lapar meskipun sudah menghabiskan banyak makanan. Jika terus-terusan makan, tidak hanya perasaan kenyang saja yang akan muncul, namun kenaikan berat badan pun tanpa disadari juga dapat terjadi.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya rasa lapar meskipun kita baru saja menghabiskan makanan, yaitu:

Kurang Minum

Munculnya rasa lapar meskipun sudah makan atau ngemil bisa jadi disebabkan karena kurang minum. Hal ini dapat menyebabkan otak kita kebingunan untuk mengetahui apakah sebenarnya tubuh kita kelaparan atau haus. Karena sebenarnya tubuh sedang membutuhkan air minum namun otak justru keliru menafsirkannya sebagai kelaparan.

Kurang Tidur

Selain kurang minum, kurang tidur pun bisa menyebabkan kita mudah lapar. Kurang tidur dapat menyebabkan kacaunya keseimbangan hormon, yaitu meningkatnya kadar hormon ghrelin yang bisa membuat mudah merasa lapar. Selain itu hormon leptin yang membuat kita merasa kenyang pun menurun drastis.

Stress

Selain bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, stress pun juga bisa membuat kita mudah lapar. Hal ini disebabkan karena otak bekerja dengan keras sehingga akhirnya membutuhkan energi dalam jumlah yang cukup besar, sehingga kita merasa lapar.

Kelebihan Asupan Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seharusnya dapat mengganjal perut dan mangatasi rasa lapar. Namun ternyata terllu banyak asupan karbohidrat pun dapat membuat kita mudah kembali lapar dan mengantuk. Hal ini disebabkan oleh naiknya kadar gula darah dengan cepat yang akhirnya berujung pada penurunan secara drastis.

Akibat Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat tertentu ternyata dapat membuat kita mudah merasa lapar. Misalnya saja seperti jenis obat untuk mengatasi depresi.

Kurang Asupan Lemak

Tidak sedikit orang yang merasa jika lemak merupakan sebuah kandungan nutrisi yang harus dihindari, karena lemak dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan. Padahal jika asupan lemak tidak tercukupi dengan baik, rasa lapar pun akan lebih mudah muncul. Asupan lemak sehat yang disarankan untuk dikonsumsi ini dapat diperoleh dari alpukat, ikan, dan kacang-kacangan.

Selain beberapa hal tersebut, rasa lapar yang timbul terus menerus juga bisa terjadi karena beberapa faktor lainnya. Misalnya seperti konsumsi alkohol, terlalu sering konsumsi minuman berkalori, diet rendah lemak, dan lain sebagainya.

Namun jika ingin mengatasi kondisi ini, sebaiknya pastikan untuk mengenali tubuh dan pola hidup dengan baik sebelum memulai diet tertentu.

Source:

Doktersehat.com