APAKAH HAND SANITIZER BISA MEMBUNUH VIRUS DAN BAKTERI? INI PENJELASANNYA!

Saat ini, tidak sedikit orang yang mulai menyadari pentingnya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Apalagi saat sebelum makan ataupun setelah menyentuh benda-benda yang dianggap berpotensi menyebarkan kuman atau virus. Sayangnya, tidak semua tempat yang kita kunjungi memiliki kemudahan akses air dan sabun. Hand sanitizer pun menjadi solusi yang dinilai ampuh oleh masyarakat karena dianggap lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Tapi, apakah benar jika hand sanitizer dapat membunuh virus?

Adanya wabah virus corona membuat masyarakat semakin waspada terhadap virus, kuman, dan berbagai bibit penyakit lainnya. Terlebih, wabah ini telah membunih lebih dari 200 orang di China. Selain masker, hand sanitizer juga dianggap sebagai perlindungan dari virus. Meskipun beberapa pakar kesehatan lebih merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun, nyatanya keberadaan hand sanitizer yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja ini juga dianggap dapat melindungi tubuh dari berbagai pathogen.

Sebelum memilih hand sanitizer, terdapat beberapa hal yang harus Sobat Sehat cermati terkait dengan penggunaan alat pengganti cuci tangan ini.

1. Kandungan setiap hand sanitizer tidak selalu sama

Beberapa orang menilai jika semua jenis atau merek hand sanitizer memiliki kandungan yang sama. Padahal mereka bisa saja memiliki kandungan atau kemampuan yang berbeda dalam melawan virus atau bakteri. Dilansir dari doktersehat.com, para ahli mengatakan jika sebaiknya Sobat Sehat memilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebanyak 60 persen untuk mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal dalam membunuh bakteri penyebab penyakit.

2. Cermati penggunaan yang tepat

Saat menggunakan hand sanitizer, tangan akan terasa basah oleh carian tersebut. Jangan mengelapkannya dan biarkan cairan tersebut mengering untuk memastikan tidak ada kuman atau virus yang bersarang di tangan kita. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk menggosok-gosokkan pada tangan paling tidak selama 20 detik.

3. Jika tangan sangat kotor, sebaiknya mencuci tangan

Menggunakan hand sanitizer memang merupakan alternatif lain untuk membersihkan tangan. Namun pakar kesehatan tetap menyarankan untuk tetap mencuci tangan dengan sabun jika tangan terasa sangat kotor. Apalagi jika Sobat Sehat baru saja memegang berbagai macam benda. Pastikan pula untuk menggunakan air mengalir dan sabun agar tangan benar-benar bersih dan terhindar dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit.

Penggunaan hand sanitizer dengan tepat akan dapat membantu untuk memberikan proteksi dari virus ataupun bakteri penyebab penyakit. Selain itu, sebelum membeli hand sanitizer, jangan lupa untuk mencermati kandungannya terlebih dahulu ya. Salam Sehat!

Source: doktersehat.com