IKUT TREN TANTANGAN MINUM BOBA 5 LITER, DAMPAKNYA NGERI!

Siapa yang tidak kenal dengan boba? Boba atau bubble tea merupakan salah satu jenis minuman yang belakangan ini digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan dinilai menyegarkan. Bahkan, dalam media sosial pun muncul tren meminum boba sebanyak lima liter dalam sehari secara langsung. Tidak sedikit youtuber yang mengunggah video Boba Challenge atau tantangan meminum boba sebanyak 5 liter tersebut.

Aksi ini pun ramai menjadi perbincangan. Terdapat sebagian besar warganet yang tertarik untuk mengikuti tren tersebut, meskipun ada pula yang kontra dan menganggap jika hal ini dapat membahayakan bagi kesehatan.

Apakah Sobat Sehat juga menggemari minuman boba dan mengikuti tren ala youtuber tersebut?

Biasanya, dalam satu gelas boba mengandung 36 gram gula atau setara dengan sekaleng soda. Dengan kata lain, jika aksi meminum 5 liter boba dilakukan, hal ini dapat menyebabkan jumlah asupan gula harian menjadi terlalu banyak dan bahkan melebihi batasan aman untuk kesehatan tubuh.

Seorang influencer yang juga merupakan pakar kesehatan bernama dr. Gia Pratama melaui akun twitternya menyebutkan jika kebiasaan meminum boba dalam jumlah banyak atau terlalu sering dapat meningkatkan adanya risiko penyakit diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalori dan gula yang ada di dalam minuman tersebut.

Selain itu, mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan gula tinggi pun dapat memicu peningkatan berat badan juga membuat bakteri berkembang biak dengan lebih cepat. Hal ini dapat menimbulkan risiko terkena gagal ginjal bahkan penyakit jantung. Karenanya, pria yang kera p disapa dengan dr. Gia ini sangat tidak menyarankan kita untuk mengikuti aksi meminum boba sebanyak 5 liter. Bahkan sebaiknya Sobat Sehat membatasi konsumsi minuman ini demi menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, dilansir dari doktersehat.com, terdapat beberapa risiko lain yang akan muncul akibat kebiasaan meminum boba tea. Misalnya seperti meningkatkan risiko terkena serangan jantung, kanker pankreas, memicu asam urat, merusak gigi, bahkan membuat otot lemah.

Setelah mengetahui berbagai macam dampaknya, apakah Sobat Sehat masih mau rutin meminum boba atau malah masih tertarik mengikuti Boba Challenge yang sedang viral di media sosial tersebut?

Source: doktersehat.com