PEREMPUAN WAJIB TAHU! INI DIA CARA CEK MASA SUBURMU!

Mengetahui masa subur adalah hal yang sangat penting bagi perempuan. Hal ini akan berguna ketika merencanakan kehamilan, karena bila hubungan intim terjadi pada masa subur, maka kemungkinan terjadinya pembuahan pun akan besar. Tapi, tidak semua perempuan tahu apakah ia sedang subur atau tidak. Untuk mengetahui tanda kesuburannya, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dirasakan langsung oleh perempuan.

Keluar Cairan Putih

Ciri ciri kesuburan perempuan yang pertama adalah keluarnya cairan putih dalam jumlah banyak setelah siklus menstruasi berakhir. Cairan ini biasanya berwarna bening dan tidak beraroma, Cairan ini keluar karena pada masa tersebut vagina menyiapkan lingkungan yang cocok untuk sperma bergerak. Tapi, Sobat Sehat wajib waspada bila cairan yang keluar justru menggumpal, berubah warna, dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Kram Perut

Perut bagian bawah terasa kram adalah penanda kedua masa subur. Pada hari ke-11 atau 12 sejak hari pertama menstruasi, perut akan terasa nyeri pada bagian kanan atau bagian kiri. Rasa nyeri tersebut merupakan dampak ovulasi yang terjadi di dalam rahim.

Suhu Tubuh Meningkat

Ciri-ciri yang bisa dirasakan selanjutnya adalah terjadinya peningkatan suhu tubuh. Saat sedang dalam masa subur, perempuan akan mengalami peningkatan suhu hingga 1 derajat. Untuk mengetahuinya, Sobat Sehat dapat membuat catatan suhu setiap hari saat bangun tidur selama sebulan penuh. Selanjutnya, Sobat Sehat dapat mencari tahu rerata suhu pada saat hari biasa dan saat masa subur.

Gairah Seksual Meningkat

Gairah seksual yang meningkat juga menjadi ciri-ciri masa subur seorang perempuan. Perempuan akan mudah sekali terangsang sehingga kuantitas hubungan intim pun akan meningkat juga.

Payudara Terasa Nyeri

Tak hanya pada masa sebelum menstruasi, saat masa subur terjadi, payudara perempuan pun akan terasa nyeri. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon selama masa ovulasi terjadi. Asalkan tidak ada benjolan abnormal yang muncul, rasa nyeri payudara adalah hal yang normal bagi perempuan.

Lalu, kapan masa subur seorang perempuan terjadi?

Umumnya, masa subur seorang perempuan terjadi pada 12 hingga 16 hari sebelum siklus menstruasi selanjutnya. Mudahnya, rata-rata seorang perempuan akan mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir. Bila Sobat Sehat sedang mengalami masa subur, pastikan untuk menjaga sanitasi vagina agar tidak terserang infeksi yang berbahaya.


Sumber: Doktersehat.com