BERI SUSU KE ANAK BAIKNYA PAGI ATAU MALAM YAA?

Bunda, kapankah Anda memberikan susu untuk si kecil yang sedang masa pertumbuhan? Sebagian orangtua memberikan susu untuk anaknya saat pagi hari sebelum anak berangkat sekolah agar kebutuhan gizi hariannya terpenuhi, sebagian lainnya memilih untuk memberikan susu sebelum anak akan tidur agar pertumbuhan tulang menjadi maksimal saat anak tidur. Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk memberikan susu bagi anak?

Memberikan susu di pagi hari akan membantu anak untuk merasa lebih kenyang sehingga ia tidak akan mudah lapar hingga waktu makan siang. Selain itu, aktivitas saraf pun menjadi lebih lancar sehingga anak lebih mudah belajar di sekolah.

Bila susu diberikan di malam hari, kalsium akan lebih mudah diserap karena hormon pertumbuhan lebih cepat dilepaskan saat anak tidur. Selain itu, sistem pencernaan anak pun menjadi lebih lancar di keesokan harinya.

Namun, terlepas waktu pemberiannya, perlu diingat bahwa tidak seluruh asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil dapat dipenuhi oleh susu. Akan lebih baik bila asupan nutrisi dipenuhi dulu dengan makanan yang gizinya seimbang, dan dilengkapi dengan susu, baik di pagi hari atau malam hari, dengan batas yang wajar sehingga si kecil terpenuhi asupan gizinya.