SERAM!! DUA BENDA INI TERNYATA YANG PALING JOROK DI DAPUR

Sebagai seorang ibu, dapur tentunya merupakan daerah kekuasaan di rumah dimana Anda bisa melakukan berbagai eksperimen. Anda bisa memasakkan makanan lezat bagi keluarga atau sekedar menjajal resep baru yang Anda lihat di internet. Dari dapur, lahirlah berbagai masakan lezat yang dimasak dengan penuh cinta.

Meskipun ada berbagai makanan yang lahir di dapur, sebenarnya lokasi ini justru menjadi daerah yang paling berbahaya untuk kesehatan Anda. Mungkin Anda sudah menyadari bahwa saat memasak, Anda akan menggunakan berbagai peralatan serta memasak berbagai bahan yang semuanya berasal dari luar rumah. Anda tidak tahu apakah bahan-bahan tersebut terpapar bakteri atau tidak. Ketika selesai memasak, Anda tentu akan membuang semua limbah makanan ke tempat sampah. Tentunya hal ini akan menjadikan tempat sampah sebagai tempat yang paling kotor di dapur. Tapi, apakah hal ini menjadikan tempat lain di dapur menjadi bersih?

Ternyata jawabannya tidak. Selain tempat sampah, ternyata ada dua benda lagi yang membuat Anda harus berhati-hati karena menjadi sarang bakteri dan kuman. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan karena kedua benda tersebut sering digunakan berulang-ulang dalam proses memasak. Benda apa sajakah?

Benda pertama yang rawan menjadi sarang bakteri adalah spons cuci piring. Seperti yang kita tahu, spons cuci piring kerap kali digunakan untuk mencuci perabotan memasak setelah digunakan agar bersih lagi. Namun, faktanya spons justru menjadi sarang bakteri. Karena, kemungkinan besar bakteri pada perabot yang dicuci tertinggal di sela-sela spons yang Anda gunakan untuk mencuci. Bahkan, menurut sebuah penelitian di Jerman, di dalam spons mencuci sering ditemukan bakteri yang menyebabkan penyakit-penyakit seperti diare. Oleh karenanya, penting untuk mengganti spons cuci piring setiap minggu.

Selain spons cuci piring, ternyata talenan juga menjadi sarang bakteri lho. Tentunya Anda menggunakan talenan dan pisau untuk mengiris daging, sayur, buah, ataupun bahan lain yang akan dimasak. Terkadang, Anda mungkin malas mencuci dua benda tersebut sebelum digunakan untuk memotong bahan yang berbeda. Disinilah awal bersarangnya bakteri. Bakteri di bahan sebelumnya bisa berpindah ke bahan yang lain. Tentunya ini sangat tidak higienis. Jadi, akan lebih baik bila Anda selalu mencuci pisau atau talenan sebelum menggunakannya ulang.


Sumber: Today.com