PENIKMAT KOPI BOLEH SENANG, BANYAK MANFAAT KESEHATANNYA!

Di era global seperti sekarang ini, kopi tidak lagi menjadi minuman yang diminum hanya ketika haus atau butuh saja. Kini kopi sudah menjadi gaya hidup yang dipilih oleh orang-orang untuk meningkatkan gengsi. Meskipun demikian, bukan berarti kopi tidak memiliki manfaat. Bertepatan dengan Hari Kopi Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, kali ini Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai manfaat kopi bagi kesehatan. Tidak banyak orang yang tahu mengenai hal ini dan Anda akan menyadari betapa bergunanya kopi untuk tubuh.

Antioksidan bagi Tubuh

Dari sekian banyak manfaat yang diberikan kopi, penting untuk tahu bahwa kopi juga bermanfaat untuk kesehatan. Yang pertama adalah antioksidan yang terkandung dalam kopi. Sebuah penelitian di tahun 2005 menemukan bahwa warga Amerika mendapatkan antioksidan terbanyak dari kopi yang mereka konsumsi. Meskipun buah dan sayur juga mengandung banyak antioksidan, tubuh manusia dapat menyerap lebih dari kopi yang dikonsumsi.

Memerangi Penyakit Parkinson

Selain antioksidan, ternyata kopi juga bisa mengurangi gejala penyakit Parkinson. Pada tahun 2012, penelitian yang dipimpin oleh Ronald Postuma, MD, menemukan bahwa konsumsi kopi dapat mengontrol gerakan pasien penyakit Parkinson. Pasien penyakit Parkinson yang mengonsumsi kopi cenderung lebih bisa mengontrol gerakan mereka bila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi kopi.

Melindungi Hati dari Racun

Kopi yang Anda konsumsi ternyata juga baik untuk kesehatan hati. Sebagai penyaring racun, sudah semestinya bila hati harus dijaga kesehatannya. Sebuah penelitian di tahun 2006 yang melibatkan 125.000 orang yang berusia lebih dari 22 tahun menunjukkan bahwa orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi per hari cenderung memiliki resiko 20% lebih rendah untuk terserang penyakit hati. Salah satu anggota peneliti, Arthur L Klatsky, menyatakan bahwa kandungan dalam kopi dapat melindungi hati dari racun, terutama bagi orang yang mengkonsumsi alkohol.

Perempuan Terhindar dari Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan mimpi buruk bagi siapapun. Seseorang dapat terserang kanker kulit apabila terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet. Namun, dengan meminum kopi setidaknya tiga cangkir perhari, resiko terserang kanker kulit ternyata dapat diturunkan terutama bagi perempuan. Fakta ini sudah didukung oleh penelitian yang diadakan oleh Brigham and Women’s hospital and Harvard Medical School yang melibatkan 112.897 laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 20 tahun.

Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Kopi juga dapat membantu penurunan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Hampir bisa dipastikan, bagi mereka yang menjalani gaya hidup tidak sehat maka akan rentan terserang diabetes. Oleh karena itu, untuk menurunkan resikonya, minum kopi dapat membantu. Bahkan, penelitian yang diadakan oleh The American Chemical Society menemukan bahwa seseorang yang minum kopi sebanyak 4 cangkir per hari dapat menurunkan resiko serangan kanker hingga 50%.

Sumber: Huffingtonpost.com