MIGRAIN MENYERANG, 7 HAL INI BISA JADI PENYEBABNYA

Tentu setiap orang tidak ingin terserang migrain. Berbeda dari penyakit vertigo, jenis sakit kepala yang satu ini hanya menyerang satu sisi kepala saja dan bisa berlangsung beberapa menit saja atau lebih lama. Bagi yang sudah sering mengalami migrain tentu sudah memiliki obatnya sendiri sehingga sudah tahu apa yang harus dilakukan. Namun, bagi mereka yang tidak pernah mengalami migrain, ketika tiba-tiba terserang rasa pusing di satu sisi kepala ini tentu merasa bingung dan bahkan tak tahu apa penyebabnya. Seorang ahli neurologis dari Northwestern Memorial Hospital, Chicago, dr. Katherine S. Carroll, mengaku bahwa penyebab utama migrain masih sulit untuk dipahami. Namun, apabila Anda melakukan salah satu dari 7 hal berikut ini, bisa saja hal itulah yang memicu migrain yang Anda alami.

1. Pil KB

Banyak perempuan yang merasakan migrain saat menstruasi akan tiba. Perubahan jumlah hormon estrogen dalam tubuhnya cenderung memicu migrain. Pil KB yang mengurangi jumlah estrogen dalam tubuh pun juga membuat perempuan dapat terserang migrain secara mendadak.

2. Makanan Asin

Mungkin makanan favorit Anda adalah makanan yang mengandung banyak garam. Tentu Anda sudah tahu bahwa garam dapat meningkatkan tekanan darah. Karena banyaknya sodium yang terkandung dalam aliran darah, maka ginjal pun mengalami kesulitan untuk membuang air. Akibatnya, tekanan darah meningkat dan berakibat pada munculnya migrain.

3. Keju Tua

Bagi yang sering membuat kue, tentu sudah familiar dengan keju tua atau aged cheese. Jenis keju yang satu ini memang sering digunakan untuk campuran kue. Ternyata, keju tua mengandung tiramin, suatu zat yang dapat memicu migrain. Bila Anda merasakan migrain setelah mengonsumsi keju, maka sebaiknya Anda tidak memakannya lagi.

4. Pemanis Buatan

Ada berbagai jenis pemanis yang mungkin telah Anda konsumsi tanpa Anda sadari. Bila Anda merasakan migrain setelah memakan makanan yang manis, bisa jadi itu dikarenakan makanan yang Anda konsumsi mengandung aspartam. Aspartam dapat menurunkan jumlah hormon serotonin dalam tubuh sehingga dapat memicu migrain.

5. Jet Lag

Tidak diragukan lagi, saat terbang Anda mungkin memiliki waktu tidur yang kurang atau terganggu. Jet lag akibat penerbangan nyatanya dapat memicu migrain. Tekanan udara saat terbang juga bisa menjadi penyebabnya karena dapat mengakibatkan pelebaran pembuluh darah sehingga membuat Anda merasakan migran.

6. Perubahan Cuaca

Saat cuaca berubah secara mendadak, perubahan pada tekanan udara dan tekanan atmosfer juga sering dianggap sebagai penyebab migrain. Fluktuasi suhu dapat memicu munculnya migrain pada beberapa orang.

7. Melewatkan Makan

Bila Anda sudah memiliki jadwal makan yang tetap, tubuh Anda pun sudah terbiasa dengan hal tersebut. Sehingga, terkadang bila Anda melewatkan jadwal makan, maka akan terdapat perubahan kimia di dalam tubuh yang dapat menyebabkan migrain.

Nah, bila suatu ketika Anda merasakan migrain secara mendadak tanpa tahu penyebabnya, maka perhatikan apa yang Anda konsumsi atau Anda lakukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda menjadi tahu solusi apa yang sebaiknya dilakukan.


Sumber: Huffingtonpost.com