CUKUP TIDUR TAPI BADAN TETAP LELAH, WAH BISA-BISA KENA GEJALA INI

Saat bangun tidur, badan tetap terasa lelah dan tidak semangat. Padahal, sehari sebelumnya Anda sudah mendapatkan istirahat total dan bahkan tidur hingga lebih dari 8 jam. Hmm, penting untuk tahu bahwa bisa saja rasa lelah yang Anda rasakan tersebut terjadi bukan karena Anda kurang tidur. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda merasa tetap lelah meskipun sudah tidur cukup.

1. Mengalami Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami henti napas yang berlanjut dan berulang kali. Bila Anda mengalami sleep apnea, yang terjadi adalah tubuh kekurangan oksigen untuk sementara waktu sehingga otak menjadi tersentak dan terbangun agar Anda dapat bernapas lagi. Sleep apnea dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau masalah jantung. Oleh karena itu sebaiknya sleep apnea segera ditangani agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

2. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Setelah minum alkohol, kemungkinan besar kualitas tidur Anda tidak akan membaik. Anda bisa saja terbangun sebelum waktunya. Tak hanya itu, minuman beralkohol juga dapat mengganggu Rapid Eye Movement (REM) yang seharusnya bisa membantu Anda untuk memulihkan tubuh.

3. Berolahraga Sebelum Tidur

Mungkin sebagian orang suka berolahraga sebelum tidur. Padahal hal ini akan membuat adrenalin meningkat sehingga terbawa saat Anda tidur. Peningkatan detak jantung juga terjadi sehingga tidur Anda tidak akan nyenyak.

4. Meminum Kafein Sebelum Tidur

Bila Anda suka minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, akan terjadi gangguan tidur yang signifikan di malam harinya, meskipun Anda terakhir minum kafein 6 jam sebelum tidur. Hal yang satu ini bisa dihindari dengan tidak meminum kopi atau teh setelah jam makan siang.

5. Main Gadget Sebelum Tidur

Gadget adalah hal yang tidak bisa lepas dari keseharian Anda, bahkan sebelum tidur. Memainkan gadget mungkin terasa seru, namun cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget Anda sebenarnya dapat menekan produksi melatonin alami. Melatonin adalah jenis hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Oleh karena itu, sebaiknya hindari bermain gadget ketika waktu tidur telah tiba.


Sumber: Okezone.com